18/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/CibinongSebanyak 6 dari 9 desa di wilayah Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, berhasil membangun jalan desa dengan memanfaatkan dana Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade). Tiga berupa jalan cor beton dan lainnya berupa jalan aspal.

Demikian dikatakan Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Klapanunggal, Dedi M, kepada Klikpos di kantornya, Senin (13/9/2021).

”Pembangunan jalan desa dapat terlaksana di enam desa di tahap satu. Pembangunan yang belum terlaksana ada tiga desa. Sampai sekarang belum turun SK Bupati Kab. Bogor, yaitu Desa Cikahuripan, Desa Klapanunggal dan Desa Bojong,” terang Dedi.

Kasie Ekbang Kecamatan Klapanunggal, Dedi M.

Untuk pembangunan di tiga desa, kata dia, yang berupa pembangunan aspal sudah selesai di tahap satu, dengan anggaran dana Samisade Rp 400 juta atau 40% dan sudah ada laporan hasil kerja ke kecamatan. Petugas dari kecamatan langsung memonitoring pembangunan jalan tersebut ke lokasi.

Pembangunan jalan aspal terdiri dari dari tiga desa yaitu Desa Lulut, Desa Bantarjati dan Desa Kembang Kuning. Sedangkan untuk pembangunan jalan cor juga terdiri dari 3 desa yaitu: Desa Nambo, Desa Lewu Karet dan Desa Linggar Mukti.

Pembangunan jalan tersebut dikelola Tim Pelaksana Kerja( TPK) dari perangkat desa.Dikerjakan oleh warga masyarakat desa sendiri dengan pola padat karya.

Sementara itu di tiga desa dengan pembangunan jalan cor terdiri dari desa Nambo,  Desa Lewu Karet dan Desa Linggar Mukti  menghabiskan dana Samisade sebesar Rp 400 juta dan berhasil menyelesaikan 70% dari total pekerjaan. 

‘Adapun jalan cor yang baru seminggu dibangun sudah retak itu akibat kurang perawatan, terlambat disiram, tapi sekarang sudah diperbaiki, kata dia.

Baca Juga:  Kota Bogor Kembangkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Seluruh pembangunan jalan tersebut disetujui tokoh masyarakat, perangkat desa, Babinsa dan Babin Kamtibmas, serta disetujui  petugas  pengawasan dari kecamatan, Dinas PUPR Kab. Bogor. (Rizal)