07/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Plh. Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim ikuti upacara puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-76 secara virtual di Aula Mapolresta Bogor Kota, Selasa (5/7/2022). Upacara dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Semarang, Jawa Tengah.

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Presiden Jokowi mengapresiasi kinerja Polri dalam kerja kerasnya melayani rakyat dan juga membela negara. Menurutnya, 58,3 persen responden menilai, bahwa tindakan Polri telah sesuai dengan visi misi dan presisi.

“Dalam survei Kompas terbaru bahwa 58,3% Polri telah sesuai dengan visi misi dan presisi. Sementara, 28,6% mengatakan belum sesuai,” kata Jokowi.

Selain itu, Presiden menyatakan, masyarakat selalu melakukan pengamatan dan menilai kinerja Polri dimanapun anggotanya bertugas. Untuk itu, kesalahan sekecil apapun yang dilakukan dapat merusak kepercayaan Polri di mata masyarakat.

“Setiap kecerobohan di lapangan sekecil apa pun bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap instansi Polri. Karena itu, dengan hati-hati bekerjalah dengan presisi,” ucapnya.

Jokowi mengingatkan, dalam menghadapi tugas yang makin berat, individu anggota dan lembaga Polri harus terus melakukan inovasi. Selain itu, Polri harus memiliki rasa keadilan dan menjunjung hukum yang harus dirasakan oleh rakyat. Dalam hal ini, mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Lakukan penegakan hukum sebagai upaya terakhir. Polri harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” tegas Jokowi.

Plh. Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengamini. Menurutnya jajaran Polri menjadi salah satu ujung tombak dalam penyelesaian masalah di masyarakat. Termasuk jajaran Polri yang bertugas di Polresta Bogor Kota.

“Kita patut mengapresiasi kinerja anggota Polri saat ini. Sinergitas dengan Pemerintah Kota Bogor juga harus tetap dipertahankan dengan baik. Untuk itu kami terus bersama – sama dalam membangun Kota Bogor. Anggota Polri semakin presisi,” singkatnya menambahkan.

Baca Juga:  Bima Arya Bersama Warga Salat Ied di Lapangan Sempur

Di tempat yang sama, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menambahkan, jajaran Polresta Bogor Kota mengucapkan terima kasih kepada semua unsur Forkopimda dan juga masyarakat Kota Bogor atas sinerginya dalam rangka membangun Kota Bogor.

“Yang kita tahu bukanlah sebentar dalam membangun sinergitas itu. Kami merasa dan kami sadar bahwa belum sempurna, dan kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kegiatan kepolisian kami persembahkan untuk Kota Bogor,” kata Susatyo.

Di sisi lain, evaluasi juga terus dilakukan. Dari sisi kultural maupun struktural. Pembenahan terus dilakukan demi terciptanya kebaikan. Terutama kesiapan untuk menghadapi situasi dan dinamika di masyarakat.

“Kalau kemarin Covid-19, minyak goreng dan sekarang ada PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Ke depan kita juga harus bersiap untuk dalam rangka G20, karena beberapa agenda event kemungkinan akan dilaksanakan di Kota Bogor,” kata Susatyo. (Adenan Manurung)