17/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor-Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar riset terkait Rating Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2021. Hasilnya, ITB menetapkan Kota Bogor sebagai daerah yang berhasil memborong semua kategori, yakni sebanyak 10 kategori penghargaan.

Raihan prestasi Kota Bogor yang berhasil menyabet penghargaan itu diumumkan dalam acara penutupan RTDI dan RKCI 2021 yang diselenggarakan secara virtual di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Senin (27/12/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah turut mengikuti jalannya acara didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bogor, Erna Hernawati dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Rahmat Hidayat.

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah memberikan apresiasi dilakukannya riset oleh ITB dan hasilnya menunjukan sebagai sebuah pencapaian Kota Bogor mewujudkan salah satu misi sebagai Kota Cerdas (Smart City).

“Pencapaian ini menjadi barometer Smart City. Kota Bogor masuk menjadi Gerakan 100 Kota Pertama Menuju Smart City di Indonesia sebagai pilot project sejak tahun 2017-2021,” kata Syarifah.

Dia memaparkan, Kota Bogor sudah menyusun Masterplan Smart City 2017-2021 di beberapa sektor. Seperti sektor governance (pemerintah) ada 6 program, ekonomi ada 7 program, branding 7 program, society 6 program, living 17 program dan environment (lingkungan) 13 program.

“Sudah banyak capaian program masterplan Smart City yang diatas 100 persen dari jumlah secara keseluruhan 56 program. Di sisi lain ada program yang belum tercapai, seperti program konversi 300 angkot menjadi 100 bus, mengganti BBM ke gas,” sebutnya.

Saat ini Pemkot Bogor sedang menyusun masterplan Smart City 2022-2027 dan masterplan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“2022 juga kita sedang menyusun Smart Health untuk pelayanan kesehatan secara digitalisasi pelayanan di puskesmas dan RSUD,” jelasnya.

Baca Juga:  Kunjungi Lokasi Kebakaran, Dedie Tawarkan Rumah Sementara dan Bawa Bantuan

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat menambahkan, Smart City adalah kota yang dapat mengelola semua sumberdaya secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai tantangan menggunakan solusi inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan. Dia menegaskan, pengelolaan tersebut semata-mata untuk meningkatkan kualitas hidup warga kota.

“Penghargaan ini adalah stimulan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Bogor semakin efektif, efisien, transparan dan ramah,” katanya.

Rahmat tak lupa mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas raihan penghargaan dalam semua kategori penilaian RTDI dan RKCI 2021 yang diselenggarakan ITB.

“Terima kasih Pak Wali Kota Bima Arya, Pak Wakil Wali Kota Dedie A Rachim dan Ibu Sekretaris Daerah Syarifah Sofiah atas arahan dan bimbingannya. Terima kasih para kepala OPD se-Kota Bogor penanggung jawab Program Smart City di dimensi masing-masing. Terimakasih teman-teman Diskominfo, khususnya Bidang E-Gov atas kerja keras dan etos kerjanya,” ujarnya.

Adapun 10 Kategori Penghargaan yang didapat Kota Bogor adalah :

1. Kategori Kota Menuju Kota Cerdas (Peringkat 3)

2. Kategori Kota Ekonomi Cerdas (Peringkat 2)

3. Kategori Kota Masyarakat Cerdas (Peringkat 4)

4. Kategori Kota Lingkungan Cerdas (Peringkat 5)

5. Kategori Kota Mobilitas Cerdas (Peringkat 5)

6. Kategori Kota Kesehatan Cerdas (Peringkat 1)

7. Kategori Kota Kota Tangguh (Peringkat 2)

8. Kategori Kota Tanggap Perubahan Iklim (Peringkat 3)

9. Kategori Kota Energi Cerdas (Peringkat 2)

10. Kategori Kota Kesiapan Digital Terbaik (Peringkat 5) dan berkelanjutan. Dia menegaskan, pengelolaan tersebut semata-mata untuk meningkatkan kualitas hidup warga kota.

“Penghargaan ini adalah stimulan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Bogor semakin efektif, efisien, transparan dan ramah,” katanya.

Baca Juga:  Menguatkan Jati Diri Pramuka dengan Prestasi

Rahmat tak lupa mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas raihan penghargaan dalam semua kategori penilaian RTDI dan RKCI 2021 yang diselenggarakan ITB.

“Terima kasih Pak Wali Kota Bima Arya, Pak Wakil Wali Kota Dedie A Rachim dan Ibu Sekretaris Daerah Syarifah Sofiah atas arahan dan bimbingannya. Terima kasih para kepala OPD se-Kota Bogor penanggung jawab Program Smart City di dimensi masing-masing. Terimakasih teman-teman Diskominfo, khususnya Bidang E-Gov atas kerja keras dan etos kerjanya,” ujarnya. (Taufik/Adenan)