21/05/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Sebagaimana diketahui Pemilu adalah sarana bagi rakyat untuk ikut serta menentukan figur dan arah kepemimpinan bangsa di masa depan sekaligus menjadi wadah integrasi berbagai aspirasi untuk keutuhan dan kemajuan negeri.
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan, untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai dibutuhkan sinergi dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan. Tentunya untuk mengawal Pemilu dan memastikan proses demokrasi ini berlangsung damai, aman, tertib, lancar dan kondusif.
Menurutnya, berdasarkan instruksi dari Pimpinan Pusat dan Kapolri untuk mengadakan deklarasi damai di seluruh Kota/Kabupaten se-Indonesia. Hari ini di Kabupaten Bogor seluruh peserta Pemilu, para pimpinan partai hadir di kantor Polres Bogor untuk melaksanakan Deklarasi Pemilu 2024 Damai.
“Alhamdulillah semua sepakat dan komitmen untuk melaksanakan Pilpres dan Pileg dengan senantiasa menjaga kondusifitas di Kabupaten Bogor. Tidak melaksanakan kegiatan kampanye yang sifatnya provokatif, penyebaran hoax yang bisa memecah belah di masyarakat, teman-teman sudah berkomitmen untuk menjaga itu, kita ingin ada pemilu damai, sehat dan berkualitas,” tegas Iwan Setiawan.
Iwan Setiawan juga meminta kepada seluruh partai politik peserta Pemilu agar menjalankan kampanye yang berkualitas dengan mengedepankan aspirasi rakyat dan program yang konstruktif tanpa menjelekkan lawan politik, melakukan provokasi/kekerasan atau memanfaatkan isu sara.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran Forkopimda, aparatur, partai politik, organisasi kemasyarakatan, seluruh stakeholder dan elemen masyarakat sipil yang telah mendukung kelancaran pembangunan daerah dan menciptakan suasana yang aman damai dan kondusif di Kabupaten Bogor,” ucapnya.
Ia juga mengajak untuk menunjukkan kedewasaan dan kematangan Pemkab Bogor dalam berdemokrasi. Bersama-sama mewujudkan Pemilu yang damai, bermartabat, dan berintegritas untuk melahirkan pemimpin berkualitas yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih maju dan lebih baik.
Selanjutnya, Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, deklarasi damai ini merupakan bagian dari tindakan promotif dan preventif pihak aparat keamanan yang didukung oleh pemerintah daerah, terlebih Kabupaten Bogor memiliki jumlah penduduk terpadat -se Indonesia, ini adalah langkah-langkah awal kongkrit Polres Bogor untuk menciptakan kedamaian dalam rangka Pemilu tahun 2024.
“Saya mohon dukungan dari teman-teman semua untuk sama-sama kita menjaga kedamaian ini, jaga ketenteraman ini jaga Kabupaten Bogor dengan cara stop pemberitaan hoax, kita klarifikasi dulu kita berpikir dulu untuk menyebarkan berita-berita yang sekiranya nanti mengganggu keamanan dan ketertiban” imbuh Kapolres Bogor.
Turut hadir dalam kegiatan ini yakni, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Kepala Kejari Kabupaten Bogor, perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, para Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Instansi Vertikal Lingkup Pemkab Bogor, para Ketua Partai Politik, para Ketua Organisasi Kemasyarakatan, dan lainnya. (Taufik BS)
Baca Juga:  Cegah Penyebaran PMK, Dedie Minta Gencarkan Edukasi kepada Masyarakat