21/05/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Klikpos.net – Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Badan Kerjasama Gereja-gereja (BKSG) Kabupaten Bogor  Senin 18 Maret 2024 di Yayasan  Breaktrough Mission, Sentul City, berjalan dengan baik.

Sebelum Musdalub BKSG yang dihadiri 58 peserta hamba-hamba Tuhan dari berbagai denominasi gereja-gereja dari berbagai wilayah Kabupaten Bogor tersebut,  dilakukan ibadah dengan tema, “Bangkit bersatu membangun bersama”.  

Dalam kotbahnya yang disampaikan oleh Pdt Febrian Rompis, M.Th  terambil dalam Filipi pasal 2 : 1 – 11, tentang nasihat supaya bersatu dan merendahkan diri seperti Kristus. 

Dalam penjelasan Pdt Febri Rompis, M. Th, mengatakan harus ada unity  di dalam gereja. 

“Kalau gereja menyendiri itu tidak benar, makanya harus ada unity, seperti Badan Kerjasama Gereja Gereja,” ujarnya. 

Kemudian,  kita  mendoakan agar  kerajaan surga ada di bumi ini, dengan diwujudkan, agar terasa dalam persatuan,  kita taruh seperti  pikiran Kristus dan  melepaskan egosentral kita, agar bisa bersatu dalam komunitas, tambah Febri. 

Febri juga menyebutkan agar menjadi seorang hamba untuk melayani, simpati menjadi empaty, sebagaimana orang Samaria  yang murah hati seperti yang tertulis di Lukas 10 : 25 -37. 

Untuk itu, “mari kita bangun kebersamaan dan berempati sehingga BKSG tetap solid,“ imbau Febri. 

“Untuk itu, kita harus bersatu seperti Kristus agar nama Tuhan dipermuliakan,  dan Tuhan memberikan roh ketertiban,” tambah Febri. 

Sementara itu Ps. Johan Cristian Setiawan mewakili panitia menyebutkan,” kami dari panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dalam acara Musdalub ini,  kiranya sepanjang hari ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Pdt Darlan Pangaribuan, S. Th, Ketua BKSG Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa BKSG Kab Bogor adalah organisasi perkumpulan bersifat keagamaan menjadi wadah kerja sama gereja-gereja di Kab Bogor guna mewujudkan kebersamaan dan persekutuan serta melayani bersama, imbaunya.

Baca Juga:  Perda Disahkan, Bima Arya : Biskita Trans Pakuan Bisa Disubsidi APBD

“Harapan saya, BKSG menjadi berkat dan berdampak di Kab Bogor. Kemudian bisa menjadi mitra Pemerintah Kab Bogor dan istansi terkait, membantu pemerintah dalam hal pendidikan agama, melaksanakan dan membina kerukunan umat beragama di Kab Bogor, serta membantu mengatasi permasalahan gereja di Kab bogor,” jelasnya

Untuk itu, lanjut Ketua yang baru terpilih tersebut, diadakannya Musdalub ini agar BKSG  memiliki agenda dan aturan yang lebih baik, tegasnya

“Untuk itu mari kita bangkit membangun bersama,” ujar Pdt Darlan Pangaribuan. 

Acara Musdalub BKSG Kab Bogor dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor yang diwakili Pdt Sugiat,  M. Th, M. Pd dari Pembimas Kristen. 

Dalam sambutannya dia menyampaikan 4 hal:

  1. Sebagai organisasi lembaga keagamaan kristen yang sehat adalah ketika pengurus dan anggota memiliki kesepahaman, visi dan misi, mampu dalam merealisasikannya serta punya sikap loyalitas terhadap lembaga yang dibentuk.  
  1. Visi dan misi yang terbentuk hendaknya tertuang dalam AD/ART  atau Tata tertib (TATIB) yang menjadi aturan dari pelaksanaan kegiatan lembaga, serta mampu menjawab perkembangan dan tantangan zaman. 
  1. Pembahasan dan penetapan AD/ART hendaknya memperhatikan aturan yang berlaku di Negeri Republik Indonesia, adanya unsur teologi kristen, masa/waktu kesatuan, kesejahteraan anggota dan budaya sosial kemasyarakatan. 
  1. Mari kita sukseskan MUSDALUB BKSG Kabupaten Bogor yang ber integritas, loyalitas, profesionalitas, dan bertanggung jawab, untuk kemuliaan Tuhan Yesus. 

Berbagai rangkaian acara dilaksanakan dalam musdalub tersebut yakni pelantikan pengurus Wilayah Citeureup, Gunung putri, Babakan madang, Gunung sindur, Ciseeng, Parung panjang, Kemang, Tajur halang. 

Pelantikan kemudian ilanjutkan dengan pembahasan Tata Tertib (Tatib) dan pembahasan Anggaran Dasar (AD)/ Anggaran Rumah Tangga (ART) yang penetapannya dipimpin Ketua Sidang St. Ermat Sijabat, Sekretaris Pdt Stefanus Kadja, bersama Pdt Ladjuan Tamba, Pdt Nasso Talaumbanua, S. Th, Pdt Osil Totongan. 

Baca Juga:  Bima Arya Segera Aktivasi RW Siaga dan Pengurai Kerumunan

Walaupun alot tapi bersama Tim Perumus Pdt Saladin, S.Th dengan teman hamba Tuhan lainnya,  kegiatan berjalan dengan baik hingga sore hari. 

Sementara itu, di tempat terpisah Pdt Mozes Sitohang kepada wartawan mengatakan bahwa BKSG ini sudah punya acuan yang jelas, ujarnya. 

“Saya sangat sukacita bersama teman-teman hamba Tuhan dengan ditetapkannya AD/ART BKSG ini, mari kita bergandengan tangan untuk melangkah membangun Kabupaten Bogor ini,” ajaknya. (Adenan Manurung)