13/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail 2023 yang dilangsungkan di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sukses dilaksanakan. Kontingen Provinsi DKI Jakarta berhasil menjadi Juara Umum dalam Kejurnas yang digelar Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) pada 27-29 Oktober 2023 ini.

Ketua Umum ALTI Bima Arya memaparkan data hasil Kejurnas yang dihimpun dari panitia pelaksana. “DKI Jakarta menyabet 4 emas medali emas dan 3 medali perak, Sulawesi Selatan  1 emas dan 1 perunggu dan Jawa Tengah 1 emas,” ungkap Bima Arya, Minggu (29/10/2023).

Sementara kontingen lainnya, Jawa Barat meraih 1 perak dan 1 perunggu, Sulawesi Tengah 1 perak dan 1 perunggu, Jawa Timur 1 perunggu serta DI Yogyakarta 1 perunggu. “Selamat kepada para juara yang sudah menaklukan track di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Otomatis mereka lolos kualifikasi PON 2024,” ujar Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor ini.

Bima menambahkan, bagi atlet lari trail yang tidak ikut Kejurnas atau yang belum lolos, masih ada kesempatan untuk ikut serta dalam ekshibisi PON XXI Aceh-Sumatera Utara. “Para atlet bisa mengikuti kejuaraan lari trail lain yang ditunjuk ALTI yang merupakan bagian dari kualifikasi PON 2024. Misalnya, BTS 100 Ultra, Bontang International Trail Run dan lomba-lomba lainnya yang ditunjuk,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum ALTI Nanang Handoko mengatakan, keikutsertaan cabang olahraga lari trail dalam PON tahun depan merupakan prestasi besar dan bukti nyata perkembangan olahraga lari lintas alam di Tanah Air.

“ALTI sudah gelar dua kali Kejurnas, sudah mengirimkan atlet Indonesia berlaga di Kejuaraan Dunia seperti Austria dan Thailand. Tahun depan, ALTI ikut ekshibisi PON. Ini kemajuan luar biasa di bawah Ketum Bima Arya,” terang Nanang.

Baca Juga:  Plt. Bupati Bogor Berharap Lomba Desa Mampu Meningkatkan Budaya Gotong-Royong

Sebelumnya, Kejurnas kedua lari trail ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo. Dito menyatakan bahwa lari trail ini adalah salah satu cabor yang memiliki prospek cerah kedepannya karena selain prestasi juga rekreasi. “Dengan lari trail ini kita bisa menikmati keindahan alam Indonesia dan ini tidak banyak negara yang memiliki,” katanya.

Berikut daftar peraih medali dalam Kejurnas Lari Trail 2023 di TNGGP:

-Kategori Vertikal 7,5 km (kumulatif gain elevasi 1.150 m) Putra
1. Yusri Nanda (DKI Jakarta)
2. Apridandi Raego (Sulawesi Tengah)
3. Hamka (Sulawesi Selatan)

-Kategori Vertikal 7,5 km (kumulatif gain elevasi 1.150 m) Putri
1. Fisnawati (Sulawesi Selatan)
2. Devi (DKI Jakarta)
3. Isna Nurakhiri (Jawa Barat)

-Kategori Jarak Pendek 40 km (kumulatif gain elevasi 3.570 m) Putra
1. Yusri Nanda (DKI Jakarta)
2. Slamet Riyadi (DKI Jakarta)
3. Rizaldi Prayoga (Sulawesi Tengah)

-Kategori Jarak Pendek 40 km (kumulatif gain elevasi 3.570 m) Putri
1. Siti Nuraini (DKI Jakarta)
2. Devi (DKI Jakarta)
3. Gita Harmoni (DI Yogyakarta)

-Kategori Jarak Panjang 70 km (kumulatif gain elevasi 5840 m) Putra
1. Risqi Dwi Kurniawan (Jawa Tengah)
2. Sobiri Haerudin (Jawa Barat)
3. Dedy Yusuf (Jawa Timur)

-Kategori Jarak Panjang 70 km (kumulatif gain elevasi 5840 m) Putri
1. Septiana Nia Swastika (DKI Jakarta) (Adenan M)