07/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Dunia wirausaha bukan hanya untuk komunitas atau organisasi tertentu. Namun saat ini bagaimana ke depan, kewirausahaan juga menjadi bagian dari pembinaan mental dan juga karakter dari kepramukaan.

Hal itu yang disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim dalam workshop fasilitasi pembentukan atau peningkatan unit usaha Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor di Bumi Aki Resto, Jalan Pajajaran, Sabtu (28/5/2022) siang.

Dalam workshop yang juga dirangkaikan dengan pembentukan gerai pramuka di enam kwartir pramuka Kota Bogor, Dedie menyampaikan tak hanya mental dan karakter yang harus dibentuk, namun juga kemandirian para anggota pramuka dalam kewirausahaan juga wajib dibangun.

“Dengan pelatihan yang sekarang ini kita laksanakan, pramuka bisa punya nilai kemandirian. Mental kewirausahaannya harus kita bina saat ini, ada beberapa rangkaian proses yang harus kita lalui,” ungkap Dedie dihadapan para anggota pramuka.

Proses menjadi seorang wirausaha, ada beberapa hal yang harus dikerjakan. Seperti captive market yang harus dibentuk terlebih dahulu, yakni para anggota pramuka itu sendiri. Saat ini tercatat ada sekitar 15 ribu anggota pramuka yang ada di Kota Bogor.

“Namun saya rasa itu masih kurang. Untuk itu, anggota penegak dan pandega yang ada saat ini tolong ajak sebanyak mungkin siswa dan siswi untuk bisa aktif di pramuka. Nanti dari situ akan tumbuh ketergantungan,” jelas Dedie.

Dengan adanya pengalaman dan ilmu di bidang wirausaha, para anggota pramuka bisa mendapatkan sumber pemasukan sendiri. Namun yang terpenting, para anggota bisa terbentuk karakter kejujuran, kesederhanaan dan kedisiplinan. (Adenan Manurung)

Baca Juga:  70 Siswa SBR Sambangi Balai Kota, Belajar Lingkungan dan Smart City