21/05/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6

Klikpos.net/Bogor – PT Pegadaian Cabang Pasar Mawar memberikan CSR sebesar Rp 50 juta untuk membantu percepatan penanganan ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kelurahan Sindangbarang dan Kelurahan Bubulak.

Penyerahan bantuan uang tunai ini disaksikan langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Fahrudin di Paseban Suradipati, Balai Kota Bogor, Senin (3/4/2023).

“Salah satu prioritas Pemerintah Kota Bogor di 2023 ini yakni mengatasi kemiskinan yang di dalamnya ada stunting dan ODF. Kami berusaha memanusiakan manusia karena masih ada masyarakat yang kualitas hidupnya masih rendah, dalam hal ini masih buang air besar sembarangan,” ujar Dedie Rachim.

Kepala Dinsos Kota Bogor, Fahrudin mengatakan, pada program percepatan penanganan ODF, Dinsos diminta untuk membantu Kelurahan Sindangbarang dan Kelurahan Bubulak. Di Kelurahan Sindangbarang tercatat masih ada 340 rumah tangga yang belum mempunyai septic tank dan di Kelurahan Bubulak ada 400 rumah tangga.

“Kami pun intens berkomunikasi dengan PT Pegadaian Cabang Pasar Mawar dan hari ini dibantu untuk penanganan ODF di kelurahan Sindangbarang dan Kelurahan Bubulak sebesar Rp 50 juta atau masing-masing kelurahan Rp 25 juta,” ujarnya.

Ia menerangkan, bantuan uang tunai ini akan dipergunakan untuk membangun septic tank komunal di Kelurahan Sindangbarang dan Kelurahan Bubulak. Dengan pembangunan septic tank komunal ini diharapkan bisa mengurangi rumah tangga yang BABS dan bisa mempercayai penanganan ODF sekaligus kesehatan masyarakat bisa semakin meningkat.

“Semoga CSR dari PT Pegadaian ini bisa jadi motivasi bagi lembaga atau BUMN, BUMD lainnya untuk berpartisipasi dalam percepatan penanganan ODF di Kota Bogor. Kami juga akan terus mencari bantuan CSR agar dua kelurahan ini bisa ODF,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkot dan BPN Kota Bogor Bagikan Sertifikat PTSL di Sukadamai

Deputi Bisnis Area Bogor PT Pegadaian, Agus Riyadi mengatakan, pihaknya memberikan bantuan ini dalam rangka membantu masyarakat membangun septic tank komunal di wilayah Kelurahan Sindangbarang dan Kelurahan Bubulak. CSR ini juga sesuai dengan komitmen PT Pegadaian Cabang Pasar Mawar usai beraudiensi dengan Wakil Wali Kota Bogor beberapa waktu lalu yang mana CSR PT Pegadaian bisa disesuaikan dengan arahan yang diberikan Pemkot Bogor.

“Harapan kami semoga PT Pegadaian bisa memberikan andil disamping misi utamanya untuk ekonomi masyarakat, tetapi melalui CSR ini juga membantu masyarakat Kota Bogor dan tentunya lebih tepat sasaran karena terkoordinasi dengan baik,” katanya. (Adenan M)