24/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6

Klikpos.net/Cibinong – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan bahwa dirinya telah membentuk satgas atau tim khusus penanganan polio dari tingkat kabupaten hingga desa, guna mencegah terjadinya kasus polio di Kabupaten Bogor. Serta mendorong suksesi pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Kabupaten Bogor. Hal itu disampaikan Iwan Setiawan saat menghadiri acara SUB Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2023, di Posyandu Asri 1 Perumahan Bogor Asri, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Senin (3/4/23).

“Untuk menguatkan keseriusan penanganan Polio ini, kita akan buat satu tim khusus atau satgas penanganan Polio. Karena di Jabar juga ada tim khususnya, kita juga akan bentuk satgas supaya tugasnya jelas, Dinas Kesehatan sebagai sekretarisnya.
Sebagaimana diketahui, kegiatan vaksinasi Polio serentak di Kabupaten Bogor dilaksanakan sebagai tindak lanjut surat edaran dari Kementerian Kesehatan tahun 2023 tentang pelaksanaan crash dalam rangka pencegahan penularan virus Polio. Sehubung adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus Polio terhadap tujuh anak pada 14 Maret 2023 di Purwakarta.
Lanjut Iwan Setiawan menuturkan, meskipun di Kabupaten Bogor tidak ditemukan kasus Polio tetapi keseriusan penanganan pencegahan Polio itu dilaksanakan secara optimal salah satunya melalui kegiatan vaksinasi Polio serentak yang dilakukan di 101 puskesmas dan 5.000 lebih posyandu yang tersebar di Kabupaten Bogor.
“Hari ini vaksinasi Polio serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, dengan melibatkan tim nakes dari Dinkes Kabupaten Bogor, kader posyandu, PKK, Dinas Pendidikan serta organisasi lainnya,” jelas Iwan Setiawan.
Dalam kesempatan ini, Iwan Setiawan meminta kepada seluruh camat, lurah, kades, dinas dan masyarakat aktif sosialisasikan kegiatan vaksinasi Polio serentak ini kepada masyarakat.
“Jangan sampai ada yang terlewat, kita harus menyusur seluruh bayi-bayi yang ada di Kabupaten Bogor, kita ajak, kita sosialisasikan, kita edukasi bilamana ada orang tua yang tidak mau, kita paksa harus mau karena Polio ini cukup seram juga dampaknya, pertumbuhannya tidak normal dan yang paling bahaya itu terkena kelumpuhan sejak kecil” terang Plt. Bupati Bogor.
Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengatakan, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) serentak dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan, puskesmas dan posyandu di Kabupaten Bogor. Dengan sasaran vaksinasi Polio diberikan kepada balita berusia 0-59 bulan atau 0-5 tahun, dengan target 542.530 anak, yang akan dilaksanakan selama dua putaran, putaran pertama 14 Maret 2023 dan putaran kedua akan kembali dilaksanakan pada Mei 2023.
“Kami harap semua keluarga yang mempunyai putra dan putri usia 0-59 bulan dan tidak atau belum melaksanakan vaksinasi Polio dapat berkunjung ke fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Bogor di puskesmas dan posyandu. Alhamdulillah untuk Kabupaten Bogor sampai saat ini Dinas Kesehatan tidak menemukan kasus polio,” pungkasnya.
Turut hadir mendampingi Plt. Bupati Bogor yakni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Camat Cibinong dan Ketua TP PKK Kabupaten Bogor. (Taufik/Adenan M)
Baca Juga:  6 Desa di Kecamatan Klapanunggal, Kab. Bogor Berhasil Bangun Jalan