28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Prancis Fabien Penone di Jakarta, Senin (22/5/2023). Pertemuan tersebut membahas rencana kolaborasi berbagai bidang.

Fabien Penone mengatakan kepada Bima Arya, bahwa pihaknya akan menggelar festival kuliner Prancis di kota-kota yang ada di Indonesia. Kedutaan Besar Prancis akan membicarakan lebih lanjut dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diketuai oleh Bima Arya untuk mengadakan acara tersebut.

“Rencananya dimulai September 2023, kemungkinan yang pertama itu Kota Bogor,” ujar Bima Arya.

Bima Arya juga mengundang Fabien Fenone untuk berkolaborasi dengan Pemkot Bogor dalam upaya untuk mengundang perusahaan Prancis yang ingin berinvestasi di Kota Hujan.

“Terutama investasi soal tram dan peluang ekonomi lainnya. Saya sampaikan angka pertumbuhan ekonomi Kota Bogor di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa Barat dan nasional,” ujarnya.

Selain itu, Bima Arya membeberkan mengenai agenda kunjungan kerja ke Paris pada 25-27 Mei 2023 untuk memperkuat hubungan kerjasama antara kota-kota di Prancis dan Indonesia, dalam hal ini APEKSI.

APEKSI, kata Bima, akan mengambil peluang kerjasama dibidang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan dengan lembaga-lembaga di Prancis. Fabien Penone sangat menyambut baik rencana tersebut.

“Saya sampaikan ke Pak Dubes, di Paris nanti akan melanjutkan pertemuan dengan MEDEF International. MEDEF ini seperti KADIN-nya Paris. Nanti ada 49 perusahaan yang akan ditemui untuk ditawarkan berbagai macam peluang kerjasama yang ada di Pemkot Bogor. Kota Bogor ini kan kota jasa, kami sangat terbuka untuk investasi,” jelas Bima.

Kunjungan Bima Arya ke Paris juga akan diisi agenda pertemuan dengan Hind Benito (Deputy Head of Financial Sector) dan Colas Rail Perancis serta EGIS International.

Baca Juga:  Hakim Nilai Tidak Bersalah Cemarkan Nama Baik Luhut, Haris Azhar dan Fatia Divonis Bebas

Dilanjutkan pertemuan dengan Philippe Louis-Dreyfus (Chairman of the France-Indonesia Business Council of MEDEF / Supervisory Board of the Louis Dreyfus Armateurs),l dan Gerard Wolf (Chairman of the Sustainable City Task Force of MEDEF / Chairman of BRICS Access).

Lalu bertemu dengan Ismunandar (Delegasi Tetap RI Untuk UNESCO) di Markas Besar UNESCO, Paris.

Bima Arya dijadwalkan juga hadir sebagai pembicara dalam International Forum of Mayors to End Plastic Pollution. Di sini Bima Arya akan diskusi terkait polusi plastik perkotaan dan dampaknya. (Adenan M)