18/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor –¬†Jajaran pengurus Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) periode 2021-2025 secara resmi dilantik di Hotel Salak Heritage, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Minggu (23/1/2022). Pelantikan turut disaksikan Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Sejumlah program kerja sudah dipersiapkan. Hal ini diungkapkan Ketum HA IPB periode 2021-2025, Walneg S. Jas usai dilantik.

Walneg mengatakan, DPP HA IPB periode sekarang, selain akan melanjutkan program-program sebelumnya yang sudah dibuat, ke depan juga akan lebih proaktif lagi dan menambah kegiatan. Terutama di bidang pertanian secara keseluruhan, pihaknya akan berkontribusi lebih banyak lagi.

Salah satunya, yakni dengan membuat program mengundang alumni-alumni IPB yang baru untuk kembali ke kampung dan berwirausaha tani di daerahnya. Dalam hal ini program yang dimaksud bernama Wirausaha Tani Bangun Desa (Wibasa).

“Pertanian sekarang regenerasi petaninya berkurang, banyak petani-petani tua sementara yang muda itu kurang, maka kita akan mobilisasi alumni-alumni muda untuk kembali ke kampung bertani dengan pendampingan dan bantuan modal usaha,” ujarnya.

Menurutnya, dalam program Wibasa ini para alumni bukan hanya diajak sebatas bercocok tanam semata atau budidayanya saja. Melainkan mereka juga dilibatkan dalam pasca panennya. Jadi bisa juga dengan membuat pabrik tempe dan bahan baku kedelainya di cocok tanam bekerjasama dengan petani, sehingga ada nilai tambah dari pertanian.

“Ini lihat dulu Feasibility study nya cocoknya apa, misal sayur atau beras. Jadi harus ada produk-produk olahan yang lain, bukan hanya fokus bercocok tanam tapi juga mengolah, ini yang akan jadi nilai tambah produk-produk pertanian,” jelas Walneg.

Baca Juga:  Stula PKP Kejaksaan, Bima Arya : Pemimpin Harus Menyatukan Kata dan Perbuatan

Tak hanya itu, Walneg melanjutkan, HA IPB juga mendukung IPB dalam konteks beasiswa. Di periode ini pihaknya siap mewujudkan mimpi seribu mahasiswa untuk diberikan beasiswa. Serta ada program khusus bagi almamater IPB University dengan menambah kuota magang Internasional. Di mana, mahasiswa-mahasiswi magang melalui program Kampus Merdeka Belajar itu akan dibantu untuk magang di luar negeri.

“Kita punya sekitar 35 negara jaringan diaspora di luar negeri, sudah kita bentuk di periode yang lalu, dan di periode ke depan sedikitnya ada 10 negara akan menampung magang Internasional para alumni,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, IPB perannya luar biasa bukan saja untuk Bogor tapi untuk Indonesia. Tidak bisa dikesampingkan fakta ketersebaran alumni IPB di sektor-sektor strategis, baik di pemerintahan dan swasta.

Di Kota Bogor posisi strategis di isi alumni IPB, seperti Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, di BUMD ada dua Dirut alumni IPB dan di DPRD juga cukup banyak alumni IPB.

“Saya melihat ini satu hal strategis tidak saja Bogor tapi juga kota di Indonesia, bermitra dengan HA IPB membantu untuk memastikan tidak ada yang ditinggalkan dalam proses pengembangan kota. Saya sudah bicara dengan ketua baru akan bertemu untuk merumuskan sinergi dengan 98 kota (APEKSI),” pungkasnya. (Adenan/Taufik)