28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Wali Kota Bogor, Bima Arya memimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 di Plaza Balai Kota Bogor, Rabu (3/1/2024) pagi.

Upacara yang diikuti ratusan ASN Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor ini, turut dirangkaikan dengan pemberian Satyalancana Karya Satya kepada 73 ASN Kemenag Kota Bogor yang sudah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Dalam pidatonya, Bima Arya mengatakan, setiap memasuki tahun baru Kemenag harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama yang jatuh setiap 3 Januari. Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama.

“Tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Di antara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas berat ini diantaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan dan akuntabel untuk seluruh umat beragama,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Kemenag juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat menjadi pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kemenag.

Tujuh program prioritas ini sebut saja Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiosity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama. Ini merupakan ikhtiar dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat.

“Indonesia Hebat Bersama Umat menjadi tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini. Maknanya yakni harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkot Pastikan Pembangunan Blok I dan IV RSUD Kota Bogor Tepat Waktu

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kota Bogor, Dede Supriatna mengatakan, pesan dari tema tahun ini yakni semua umat beragama harus saling menjaga kerukunan dan kebersamaan, apalagi di tahun politik.

Hal ini agar terhindar dari perpecahan, karena siapapun yang terpilih menjadi pemimpin, semoga menjadi pemimpin yang bisa membawa negara Indonesia menjadi negara aman dan sejahtera.

“Kami juga memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 73 ASN di Kemenag Kota Bogor yang sudah mengabdi 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun,” jelasnya.

Berbagai kegiatan juga digelar dalam rangka memeriahkan HAB ke-78. Mulai dari upacara, zikir bersama, santunan anak yatim dan dhuafa, pertandingan olahraga, perlombaan menyanyi, bazar UMKM dan family gathering.

“Harapannya Kemenag bisa semakin bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama serta semakin baik memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tingkat kepuasan masyarakatnya juga meningkat,” katanya. (Adenan M)