28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – 1 September 2023 IPB University merayakan Dies Natalis ke-60. Banyak pihak secara langsung diundang hadir untuk bersama-sama merayakan kegiatan yang dilaksanakan di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB University, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat (1/9/2023).

Mulai dari alumni angkatan pertama IPB hingga para rektor yang telah memimpin IPB dari masa ke masa hingga tamu undangan yang lainnya. Dalam Dies Natalis ke-60 IPB University mengusung tema ‘IPB Digdaya, Indonesia Jaya’. Dengan visi, peran, fungsi dan pengabdiannya melalui riset dan inovasi, IPB University telah memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan di Kota Bogor khususnya maupun kemajuan Indonesia secara umum.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah yang merupakan alumni hadir secara langsung mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama-sama pihak lain menyimak sambutan yang disampaikan rektor IPB University, Arif Satria.

Dalam sambutannya, Arif Satria menyebutkan kelebihan IPB terletak pada riset dan inovasi yang jika ditambahkan dengan entrepreneurship maka akan menghasilkan dua hal, yaitu technopreneurship dan sociopreneurship.
Keduanya coba digabungkan IPB untuk pengembangan masyarakat dan industri, dimana keduanya sama penting.

“Membangun techno-social preneurship university merupakan proses pendidikan, riset, pengabdian masyarakat, ekosistem yang dibangun ujung-ujungnya adalah bagaimana menghasilkan technopreneurship dan sociopreneurship,” kata Rektor.

Di hadapan semua yang hadir, Rektor IPB University menjelaskan, science technopark IPB sudah semakin sempurna dan tahun ini sudah berjalan atau beroperasi sebagai tempat bagi mahasiswa dan alumni IPB yang ingin mengembangkan bisnis yaitu startup center.

“Tahun depan akan dibangun Halal Center yang diharapkan sebagai yang terbesar di Asia,” jelasnya.

Arif Satria menambahkan, kemajuan pendidikan tinggi berkorelasi terhadap kemajuan inovasi dengan indikator global innovation index  dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi. Kata dia, Indonesia masih memiliki PR besar dalam menciptakan ekosistem riset yang lebih kondusif untuk mendukung kemajuan inovasi.

Baca Juga:  Talkshow Literasi Milenial, Dorong Minat Baca

“Selamat untuk Dies Natalis IPB University ke-60, IPB Digdaya, Indonesia Jaya. Sebagai alumni IPB saya turut bangga dengan capaian yang diperoleh IPB University yang tadi dipaparkan Pak Rektor. Saat sambutan digambarkan banyaknya prestasi yang diraih IPB University, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain itu IPB didorong tidak hanya menciptakan mahasiswa yang belajar menjadi sarjana, namun juga didorong dan diarahkan sebagai lulusan IPB yang bermanfaat serta dipertemukan dengan perusahaan-perusahaan sehingga siap kerja,” ungkap Syarifah.

Kemudian terkait Merdeka Belajar dengan peranannya IPB University hadir di depan dan memberikan dukungan agar bagaimana mahasiswa tidak selalu harus dengan riset, tetapi juga cara lain, diantaranya kerja sama dengan dunia industri  sesuai dengan kompetensinya.

“Semoga ke depan IPB University semakin maju sebagai universitas terkemuka di Indonesia dan semakin banyak lagi pengembangan fakultas-fakultasnya, termasuk yang baru fakultas kedokteran,” kata Sekda. (Adenan M)