21/05/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan didatangi Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor untuk dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024. Ia pun meminta warga ikut menyukseskan salah satu tahapan penting pemilu tersebut.

Iwan menerima kedatangan petugas yang dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni di kediamannya di Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu 12 Februari 2023.
“Hari ini saya kedatangan teman-teman Pantarlih dari KPU Kabupaten Bogor yang dipimpin ketuanya langsung. Mereka sedang melakukan Coklit daftar pemilih untuk Pemilu 2024,” ujar Iwan Setiawan.
Iwan Setiawan menjelaskan, saat ini tahapan Pemilu 2024 terus berjalan. Ia mengajak seluruh warga Kabupaten Bogor turut serta menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini, termasuk dalam tahapan Coklit.
Menurut Iwan Setiawan, Coklit sangat penting untuk memastikan jumlah daftar pemilih yang akan mencoblos pada Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg).
“Data pemilih yang akurat dan mutakhir menjadi salah satu bagian penting untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas,” ungkapnya.
Untuk itu, ia meminta masyarakat turut serta menyukseskan tahapan ini dengan memberikan data yang benar. Untuk mempermudah petugas, warga diminta menyiapkan copy KTP dan Kartu Keluarga (KK) terbaru.
“Untuk seluruh warga Kabupaten Bogor mari kita sukseskan gerakan coklit serentak, nanti akan ada Pantarlih yang datang ke rumah-rumah. Sambut dengan senyum, mereka ini yang menjadi unjung tombak kita dalam menyusun daftar pemilih yang akurat,” ajak Iwan Setiawan.
Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni menjelaskan, pihaknya sudah melantik dan mengukuhkan 14.952 Pantarlih yang tersebar di 435 desa/kelurahan di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.
Menurutnya, jumlah tersebut sesuai dengan total tempat pemungutan suara (TPS) se-Kabupaten Bogor dan menjadi yang terbanyak se-Indonesia.
Pantarlih ini bertugas untuk membantu KPU dalam penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih.
Mereka akan melakukan coklit data pemilih dengan mendatangi rumah warga satu per satu sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023.
“Pantarlih yang datang menggunakan atribut khusus berupa rompi, tanda pengenal, dan juga topi pantarlih. Tadi setelah dilantik, mereka langsung mengikuti bimtek dan diberi pembekalan dan langsung turun melakukan tugas tanda dimulainya Gerakan Coklit Serentak,” terang Ummi.
Ummi menjelaskan, data pemilih yang akurat dan mutakhir adalah kunci mewujudkan pemilu yang berkualitas. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan menyambut petugas pantarlih dengan gembira.
“Ayo sambut kedatangan pantarlih dengan gembira. Siapkan KTP atau KK untuk dicocokan dengan data yang telah disiapkan KPU. Setelah didata, Pantarlih akan menempelkan stiker untuk menandakan bahwa sudah dicoklit. Data pemilih yang akurat, mutakhir adalah kunci mewujudkan pemilu yang luber, jurdil sekaligus partisipatif,” tandasnya. (Taufik/Adenan)
Baca Juga:  Bima Arya Serahkan Kadeudeuh Atlet dan Pelatih Berprestasi di Porprov dan SEA Games 2022