04/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-50 di Gedung Agro Sinema BBSDLP, Jalan Tentara Pelajar, Kota Bogor, Selasa (19/7/2022).

Pada HUT ini hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S. Rasmana yang turut hadir memberi ucapan selamat kepada HITI.

HITI merupakan organisasi profesi sekaligus wadah para ahli di bidang ilmu yang berkaitan dengan tanah, didirikan di Jakarta pada 18 Juli 1972 silam dan kini telah menginjak setengah abad.

“Para sarjana pertanian ini penting banget, terutama untuk mempelajari topografi, kontur tanah apalagi di Kota Bogor lahannya sangat sempit,” ujar Anas.

Anas menuturkan, dalam hal pertanian Kota Bogor sangat memerlukan hasil penelitian dari HITI, terutama untuk mengetahui seberapa bagus unsur hara yang ada di tanah. Sehingga bisa memanfaatkan lahan pertanian sesuai dengan tanaman yang cocok ditanam di tanah tersebut.

“Mereka sudah mempunyai peta sebaran lahan tanah beserta varian tanaman apa saja yang cocok ditanami. Ini bagus sekali untuk Kota Bogor yang lahannya sempit sehingga tanah bisa betul-betul dioptimalkan,” jelasnya.

Ia menuturkan, sudah cukup banyak kerja sama antara HITI dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan sudah banyak pula hasil penelitian HITI dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian di Kota Bogor.
Sejauh ini tanah di Kota Bogor merupakan tanah produktif terutama di daerah Bogor Selatan yang cocok untuk persawahan dan hortikultura.

“Harapan kami untuk HITI ke-50 bisa terus mengembangkan teknologi pertanahan bagi Indonesia dan Kota Bogor dapat memanfaatkan lahan sempit yang dimiliki ini untuk kegiatan agrowisata karena masyarakat atau milenial sekarang senang dengan wisata outdoor,” katanya. (Adenan Manurung)

Baca Juga:  Pemkot Bogor Resmikan SPKLU Sekaligus Riding Peduli Stunting