15/07/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Wali Kota Kisarazu, Jepang, Yoshikuni Watanabe mengikuti seluruh rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541, dimulai sejak pawai dari Balai Kota Bogor, Rapat Paripurna Istimewa HJB hingga gala dinner dengan para pelaku usaha di Balai Kota Bogor, Sabtu (3/6/2023) malam.

Saat berbicara di depan para pelaku usaha, Yoshikuni Watanabe menyampaikan salam ‘Sampurasun’ yang kemudian dijawab oleh para tamu yang hadir.

“Terima kasih kepada Kota Bogor yang sudah mengundang saya ke sini, saya senang sekali bisa hadir di sini bersama-sama. Di Jepang, kota saya menjabat itu kota Kisarazu, luasnya hampir sama dengan Kota Bogor, hanya saja populasi penduduknya berbeda satu digit, karena di Kisarazu itu hanya sekitar 136 ribu. Sangat kecil populasinya,” ujarnya dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan oleh translator.

Jika diakses dari Tokyo, jarak tempuh menuju Kisarazu sekitar 30 menit hingga satu jam, sehingga Kisarazu berada di lokasi yang strategis.

Satu hari penuh berada di Kota Bogor, membuat Yoshikuni Watanabe bisa menikmati kesejukan, suasana dan kondisi Kota Bogor lebih dekat.

Hal itu membuatnya ingin juga belajar untuk menciptakan kondisi dan situasi kota yang nyaman indah dan kondusif.

“Jadi rencananya saya mau belajar dari Kota Bogor, supaya kota lebih indah. Karena tadi saya keliling di sini, di Kota Bogor sangat indah sekali. Makanya saya ingin belajar dari Kota Bogor,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yoshikuni Watanabe menyinggung masa jabatan Wali Kota Bogor, Bima Arya yang akan tuntas pada Desember mendatang.

Ia menyebut, bahwa di Jepang tidak ada batasan berapa kali setiap orang ingin menjabat sebagai wali kota.

Baca Juga:  Kumpul Bersama Warga di Alun-alun Kota Bogor, Bima Arya Cek Fasilitas

Seperti dirinya yang sudah menjabat selama tiga periode dan sudah menjalani masa jabatan sekitar 10 tahun.

“Saya sudah 10 tahun menjabat sisa dua tahun lagi, karena satu periode 4 tahun. Jadi saya dalam waktu menuju masa jabatan mau ikut sama pak Bima, seperti slogannya final push, agar total menyelesaikan proyek di sana (Jepang) ¬†karena saya juga tidak tahu akan masih menjadi wali kota atau tidak,” katanya.

Selama ini kata Yoshikuni Watanabe, dirinya hanya melihat Kota Bogor dari tayangan video, namun pada kesempatan ini dirinya bisa mengikuti prosesi rangkaian HJB dan bertemu masyarakat lebih dekat.

“Orang-orang di Bogor ini senyumnya ramah-ramah, cantik-cantik senyumnya. Ketika tiba di Bogor saya lihat langsung dan benar-benar warga masyarakat Bogor senyumannya, senyuman hangat,” katanya.

Pada kesempatan itu ia juga mengajak para pelaku usaha dan Pemkot Bogor untuk bisa terus menjalin kerja sama untuk pertumbuhan masing-masing kota.

“Saya berharap berkumpulnya hari ini dengan Kota Bogor dan para pengusaha bisa ada kolaborasi yang bisa dilakukan kedepannya,” katanya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan, Yoshikuni Watanabe ini merupakan tamu spesial.

“Beliau teman lari saya, kita bersahabat sejak 2017, banyak program yang tidak perlu ribet pakai MoU dan lain-lain segala macam. Tapi kita bisa kerja sama di bidang pendidikan, budaya, lingkungan, itu semua jalan,” jelasnya.

Ia berharap kerja sama dan persahabatan ini tidak luntur, bisa terus berjalan dan dilanjutkan oleh wali kota berikutnya. (Adenan M)