18/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Klikpos.net/Cibinong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor akan siapkan 7.000 layanan administrasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor, melalui kegiatan Gebyar Adminduk yang akan dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 21-24 Februari 2023 mendatang. Itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Bogor salah satunya kartu identitas.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Bogor, Chaerudin Felani secara langsung melalui siaran Radio Tegar Beriman 95,3 FM bersama Plt. Kadisdukcapil Provinsi Jawa Barat, Indrastuti Chandra Dewi  melalui daring pada Rabu (01/02/2023).
Gebyar Adminduk  ini akan dilaksanakan di Kantor Disdukcapil  Kabupaten Bogor, selama empat hari yang akan di mulai dari pukul 08.00 – 16.30 WIB.
Target Gebyar Adminduk adalah dapat melayani sekitar 7.000 layanan atau sekitar 1.800 pelayanan per hari. Bagi warga yang akan mengikuti pelayanan bisa melalui dua jalur, yakni aplikasi Siloka (Sistem Layanan Online Kependudukan) atau melalui pendaftaran langsung.
Pada Gebyar Adminduk tersebut jenis layanan yang diutamakan yakni perekaman, KTP rusak, hilang atau  diganti, perubahan data status capil, akte kelahiran, KIA, akte pernikahan non muslim, dan akte kematian.
“Target perhari 1.800 masyarakat Kabupaten Bogor dan satu hari jadi, mengenai administrasi kependudukkan,” ujar Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Bogor.
Lanjut Chaerudin mengingatkan kepada seluruh masyarakat  Kabupaten Bogor yang akan  melakukan pelayanan, untuk memenuhi persyaratan-persyaratan supaya memudahkan dan mempercepat pelayanan warga masyarakat.
“Semoga Gebyar Adminduk ini lancar dan masyarakat Kabupaten Bogor terlayani secara prima,” harapnya.
Mengenai antisipasi kepadatan jumlah pengunjung Gebyar Adminduk, telah diatur strategi kedatangan masyarakat, juga telah menyiapkan kantong-kantong parkir seperti di halaman Kantor Diskominfo, Kantor DPC Golkar, Masjid Al Ittihad, Kantor Damkar, dan Kelurahan Pakansari.
“Untuk pengamanan kami juga melakukan kerjasama dengan Satpol PP, Polres Bogor, Kodim 0621,dan Satpam Disdukcapil untuk menjamin kenyamanan masyarakat, serta menyiapkan Posko Kesehatan dan juga tim medis dari Dinas Kesehatan,” katanya.
Secara daring, Plt. Kadisdukcapil Provinsi Jawa Barat, Indrastuti Chandra Dewi menyatakan, siap membantu kesiapan blanko.
“Insyaallah blanko cukup untuk Gebyar Adminduk karena kita selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dan menguatkan. Terkait pelayanan Adminduk ini kami senantiasa memberikan support untuk mendukung memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat, sehingga kami bisa membahagiakan masyarakat Kabupaten Bogor khususnya, dan masyarakat seluruh Jawa Barat umumnya,” tegas Plt. Kadisdukcapil Provinsi Jabar.
Ia berharap melalui kegiatan Adminduk yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, masyarakat dapat terpenuhi administrasi kependudukannnya.
“Juga dapat mempermudah akses pelayanan publik pada masyarakat  Kabupaten Bogor untuk  memiliki dokumen Adminduk dengan lengkap, sebagai upaya meningkatkan layanan masyarakat di Gebyar Adminduk nanti,” tukasnya. (Adenan/Taufik)
Baca Juga:  MK Putuskan Sistem Pemilu Terbuka