24/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyebutkan, PETA adalah cikal bakal TNI yang sejarahnya harus terus menerus dipelajari seluruh generasi. Dan menjadi tugas bersama semua pihak termasuk dirinya untuk memberikan semangat dan pemahaman arti besar perjuangan PETA kepada anak-anak dan generasi mendatang.

Khusus untuk pengurus YAPETA Jawa Barat yang baru dilantik, Syarifah berharap bisa terus berkolaborasi dan bersinergi mengingat masih banyak tugas yang dikerjakan, diantaranya menyampaikan tongkat estafet dari para orang tua atau sesepuh yang dahulu dan kini berjuang.

“Bersama-sama kita estafet kepada anak-anak kita, tujuannya adalah agar indonesia semakin maju, patriotisme atau cinta tanah airnya tumbuh dengan penuh totalitas,” kata Syarifah saat pelantikan pengurus Yayasan Pembela Tanah Air (YAPETA) Cabang Jawa Barat Periode 2023-2028 di Museum PETA, Kota Bogor, Kamis (8/6/2023).

Disamping itu dirinya menceritakan kelebihan para orang tua dahulu dalam dididik oleh keadaan, khususnya pada masa penjajahan sehingga mampu menularkan semangatnya kepada putra-putri dan menjadikannya anak pejuang yang menetes jiwa patriotisme dan jiwa korsanya, cinta tanah air, tidak pernah mengenal lelah dan tidak pernah putus asa.

“Ini yang sering kita sampaikan kepada anak-anak kita dan harus kita tularkan,” ungkapnya.

Anak-anak sekarang atau generasi saat ini ungkap Syarifah, memiliki kemampuan IT yang bagus dan IQ nya juga mungkin tinggi. Dirinya mengaku sering menyampaikan agar jangan sampai menjadi generasi strawberry, indah tampak luarnya, merah dan manis tetapi ketika ada gangguan atau tekanan sedikit lecet, ada cahaya matahari sedikit kemudian mengkerut.

Pemkot Bogor bersama pihak-pihak terkait dan organisasi berupaya menguatkan jiwa generasi muda, diantaranya melalui pramuka atau paskibra untuk menumbuhkan dan menguatkan semangat juang dan daya tangkal bagi generasi muda agar tidak mudah kecewa atau putus asa.

Baca Juga:  Kota Bogor Kota Pertama Get The Fest Tour, Gunakan Energi Hasil Sampah Plastik

Ketua YAPETA Pusat, Tinton Soeprapto usai melantik menegaskan, PETA adalah cikal bakal TNI dan perang gerilya itu dari PETA.

“YAPETA itu membawa, mengawal dan merintis perintis kemerdekaan. Kita harus bangga dan harus diterapkan semangat perjuangan para pejuang melawan penjajah dengan bambu runcing. Hormati YAPETA, pengurus YAPETA adalah orang-orang terpilih. Bangunlah jiwanya, bangunlah raganya untuk NKRI,” tegasnya.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 09 YAPETA Pusat/SKEP/II/2023 tentang pengukuhan formasi pengurus YAPETA Pusat Cabang Provinsi Jawa Barat periode 2023-2028 mengangkat Arya Wiwaha sebagai Ketua YAPETA Cabang Jawa Barat. (Adenan M)