13/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
20
Sebagaimana diketahui, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016, bahwa tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila yang ditandai dengan pidato Soekarno dalam sidang BPUPKI, dimana pertama kali mengemukakan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, dengan mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Pemerintah pusat ingin menempatkan Indonesia sebagai bagian dari komunitas global dengan mengusung konsep gotong royong sebagai akar budaya bangsa.
Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan bahwa, sejarah telah membuktikan bahwa nilai-nilai Pancasila semangat persatuan kesatuan dan gotong royong, telah berhasil mengantarkan kita dalam meraih berbagai capaian serta melewati berbagai tantangan dan ujian sepanjang perjalanan bangsa ini.
“Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua, seluruh elemen bangsa, untuk terus membumikan dan mengaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila dengan terus mengedepankan semangat gotong royong dalam membangun bangsa dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.
Iwan Setiawan menyatakan bahwa momentum bersejarah ini patut disyukuri, karena Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi bintang yang menuntun perjalanan bangsa Indonesia sejak merdeka hingga kini. Terlebih di tengah beragam tantangan global, sangat penting bagi seluruh elemen bangsa untuk senantiasa menjaga semangat, solidaritas, persatuan kesatuan.
“Serta memperkuat sinergi dan kolaborasi atau saling bergotong royong dalam pembangunan agar semakin berdaya saing dan demi mewujudkan kesejahteraan bangsa,” terang Iwan
Di kesempatan yang sama, Iwan juga mengajak masyarakat, untuk menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam menyongsong masa depan yang lebih baik, menghadapi berbagai tantangan dan menjalin hubungan yang harmonis dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Salah satunya melalui Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih yang akan berlangsung mulai 1 Juni 2023 hingga 31 Agustus 2023, dengan melibatkan swadaya seluruh komponen masyarakat.
“Ini kami lakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menggugah rasa cinta tanah air di masyarakat,” ujarnya.
Pada kesempatan ini Plt. Bupati Bogor juga memberikan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan kelompok masyarakat sebagai pertanda bahwa segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor dan Forkopimda beserta para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus nanti.
“Ini bukti komitmen bahwa kami siap mendukung Gerakan Bendera Merah Putih ini,” jelas Iwan Setiawan.
Lanjut Iwan menyampaikan, ingin menjadikan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila, untuk meneguhkan komitmen kita bersama, untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, saling bergotong royong dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bangsa, membangun peradaban yang maju dan menjadi bagian dari masyarakat dunia.
“Dengan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila, insya Allah kita dapat membangun bangsa Indonesia semakin kuat, maju, sejahtera dan bermartabat,” pungkasnya.
Turut hadir dalam kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, yakni Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Para Kepala Perangkat Daerah, dan PKK Kabupaten Bogor. (Adenan Manurung)
Baca Juga:  Setahun Dipimpin Heru Budi, Angka Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Terus Naik