24/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, Hutan Kota Pondok Rajeg Kabupaten Bogor memiliki peran dan fungsi yang strategis di lingkup regional Jabodetabek sebagai sumber resapan air. Oleh karena itu pihaknya menargetkan untuk membangun satu hutan kota setiap tahunnya.
“Kami berupaya membangun banyak hutan kota, untuk menjaga keseimbangan ekosistem, menghasilkan udara yang bersih, menjaga ketersediaan air tanah, mengurangi resiko banjir sekaligus menciptakan keteduhan keindahan dan tempat rekreasi bagi masyarakat,” tegas Plt. Bupati Bogor.
Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor juga telah membangun Hutan Kota Pakansari seluas 2,39 hektar hasil kerjasama dengan pihak Korindo Foundation yang terjalin sejak tahun 2019, dan telah diresmikan secara langsung oleh Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, pada Januari 2023 lalu. Pemkab Bogor juga ke depannya berencana akan kembali membangun Hutan Kota Tegar Beriman seluas 2,7 hektar dan Hutan Kota Cibinong seluas 3 hektar.
Di kesempatan ini, Iwan Setiawan juga menyatakan terimakasih dan apresiasi kepada Korindo Group yang telah konsisten berkontribusi mendukung pembangunan daerah Kabupaten Bogor, melalui Corporate Social Responsibility atau CSR.
“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua perusahaan yang telah melaksanakan program CSR di Kabupaten Bogor. Besar harapan kami ke depan Yayasan Korindo dapat terus mendukung program pembangunan lainnya di Kabupaten Bogor misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, infrastruktur, pengembangan ekonomi, pembangunan olahraga dan lainnya,” imbuhnya.
Selanjutnya, Ketua Yayasan Korindo, Robert Seung menambahkan, revitalisasi Kawasan Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg Cibinong seluas 7 hektar merupakan kolaborasi antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor, bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dengan Indonesia. Katanya, kolaborasi ini bukan yang pertama kali karena sebelumnya juga telah dilakukan Green Collaboration, yakni penghijauan hutan kota di Pakansari pada tahun 2019 silam.
“Melalui kegiatan ini, dapat mempererat kerjasama antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor yang telah terjalin dengan baik. Sehingga kami ke depannya bisa lebih banyak membangun hutan kita baru di Kabupaten Bogor,” tuturnya.
Kemudian, Duta Besar Korea Selatan, Lee Song Deok menuturkan, PBB menyadari pentingnya penanaman pohon dan pembangunan hutan sebagai cara efektif dan cepat untuk mengatasi krisis perubahan iklim. Sejak akhir April, Kemenlu Korea Selatan telah mengkampanyekan penanaman pohon virtual di dunia metaverse, yang kemudian terhubung dengan penanaman pohon secara nyata untuk menarik perhatian dan rasa solidaritas masyarakat dunia terhadap krisis iklim yang menjadi tantangan global salah satunya seperti yang dilakukan di Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor.
“Lokasi ini dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Akan tetapi perusahaan, Pemkab Bogor, dan masyarakat setempat berusaha dan berupaya dalam merestorasi lokasi yang dulunya terbengkalai ini menjadi hutan. Ini merupakan contoh bahwa dengan upaya bersama, kita dapat memulihkan lingkungan hidup disekitar kita,” jelasnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Ketua dan Anggota Komisi IV DPR RI, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan dan Kehutanan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Asia, Kemenko Bidang Perekonomian RI, Dirjen Pengelolaa Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dirjen Kerjasama Multilateral Kemenlu RI, Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Dirjen Kerjasama Multilateral Kemenlu RI, Plt. Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenkraf RI, Jajaran Pemkab Bogor, Chairman Korindo Grup, Chairman Korindo Foundation, Tim Fasilitasi TJSL Kabupaten Bogor dan Camat Cibinong. (Taufik/Adenan)
Baca Juga:  Pj. Bupati Bogor Dampingi Menteri ATR/BPN Buka Loket Untuk Optimalkan Layanan Kepada Masyarakat