23/05/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong – Rumah Sakit Radjak Hospital Group (RHG) melayani pasien sepenuh hati tanpa diskriminasi.

Hal tersebut terungkap saat silaturahmi antara dokter dan direktur Rumah Sakit Radjak Hospital Group (RHG) dengan para pemimpin dan pemilik media siber di Sekretariat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bogor Raya di Jl. Raya Jakarta-Bogor KM 48, Ruko Cibinong Indah No. 6-7, Nanggewer Cibinong, Kabupaten Bogor pada Jumat (23/6/2023).

Menurut Ketua SMSI Bogor Raya, Piyarso Hadi, pihaknya menyambut baik atas kunjungan silaturahmi RHG yang dihadiri oleh empat dari enam pimpinan Rumah Sakit (RS) member RHG yang berada di bawah RHG Group, yakni Direktur RS MH Thamrin Cileungsi, RHG Salemba, RHG Purwakarta dan RHG Harapan Keluarga Cikarang

“Ini merupakan wawasan baru bagi teman-teman pimpinan media Siber (online-red) mengenai layanan kesehatan, dimana kita ikut berperan serta dalam membantu mensosialisasikan berbagai layanan kesehatan kepada masyarakat dari rumah sakit yang tergabung dalam RHG. Semoga kerjasama dalam membangun komunikasi ini tidak hanya berhenti sampai sini saja,” kata Hadi.

Menurutnya, berbagai layanan yang disediakan oleh RHG merupakan langkah maju untuk menghilangkan kesan bahwa pelayanan kesehatan, khususnya RS Swasta tidak senegatif yang dianggap oleh masyarakat pasien. Pasalnya, RHG ini telah menyediakan layanan gratis ambulance jemput pasien yang ada di sekitar wilayah terdekat RS tanpa membeda-bedakan pasien.

Dalam pertemuan dan diskusi, SMSI Bogor Raya sangat menyambut dengan antusias dengan rencana ke depan yang disediakan oleh RHG.

“Kami yakin, bahwa program–program tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk pasien. Dari pertemuan dan diskusi ini kami sepakat nantinya akan ada lanjutan program yang akan segera dilaksanakan pada tahun 2023. Kedua belah pihak menyetujui bahwa menjalin kerjasama yang kokoh sangatlah penting untuk membangun pelayanan kesehatan. Karena sehat itu mahal,” ujar Hadi yang juga salah satu inisiator pembentukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Bogor pada tahun 2008 silam.

Baca Juga:  Kota Bogor Raih Penghargaan STBM Award 2023 dari Kemenkes

Sementara itu, pimpinan RGH Purwakarta dr M. Andri Mutaqqin yang turut hadir dalam pertemuan itu mengatakan, dalam melakukan pelayanan pihaknya tidak diskriminasi dalam melayanai pasien yang mau berobat ke RHG, baik itu pasien umum atau pasien BPJS.

“Kalaupun jika ada pasien yang belum tertangani yang disebabkan tempat tidur rawat inap penuh, karena jumlahnya terbatas, maka kami memberlakukan waiting list (daftar tunggu),” katanya.

“Adapun untuk Layanan Ambulance gratis bagi pasien yang memerlukan layanan tersebut, hal ini menjadikan nilai tambah untuk Radjak Hospital Purwakarta, terlebih Radjak Hospital Purwakarta sudah menjalin kerjasama dengan 85 asuransi dan 234 perusahaan yang sudah bekerjasama. Selain itu, mengenai uang jaminan, kami memberikan batas toleransi 3 kali 24 jam,” jelasnya

RHG Purwakarta yang dipimpinanya, telah memiliki ct scan 80 slice yang bisa menampilkan Video Virtual Endoscopy dan Virtual Bronchoscopy.

”Radjak Hospital Purwakarta merupakan rumah sakit tipe B dengan kapasitas 251 tempat tidur,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Marketing Communication (Marcom) RHG, Jamilda Hanum, dalam pertemuan tersebut menyatakan, kunjungan ke SMSI Bogor Raya bertujuan sebagai silaturahmi sekaligus meningkatkan kerjasama dengan media online yang ada di wilayah Bogor khususnya dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

“Juga sekaligus memperkenalkan produk-produk pelayanan kesehatan Center of Excellent yang ada di Radjak Hospital Group kepada masyarakat,” ucapnya.

Pada sesi pertama penjelasan Center of Excellent Radjak Hospital, dr. Ika Sofrina, MKK selaku Business Development Radjak Hospital Salemba memaparkan mengeani layanan Centre of Excellent dari Radjak Hospital Salemba adalah Neuroscience (Tindakan DSA, Coilling) untuk gangguan dan kelainan pembuluh darah otak, Bedah Digestif (penanganan operasi saluran cerna dengan alat-alat canggih, seperti ERCP (batu empedu), laparoscopy appendictomy.

Baca Juga:  Polresta Bogor Kota Tindak Tegas Pelaku Kriminal, Masyarakat Jangan Sungkan Melapor

“Selian bedah Vascular (tindakan EVLA, penanganan varises dg laser, Orthopedi antara lain tindakan penggantian sendi lutut (TKR) dan penggantian sendi panggul (THR), Layanan Chateterisasi Jantung, utk tindakan CAG dan PCI (Pemasangan Stent), Paru Paru,” jelasnya

Menurut dr. Ika, adapun RHG Salemba adalah Rumah sakit pusat dari Jaringan Radjak Hospital yang saat ini menjadi rujukan bagi cabang Radjak Hospital serta ke depannya Radjak Hospital Salemba akan melakukan launching layanan Bariatrik. Kapasitas Rawat Inap dengan 204 tempat tidur merupakan rumah sakit kelas B. Dilengkapi dengan dokter-dokter spesialis dan subspesialis yang kompeten di bidangnya serta fasilitas penunjang antara lain.seperti CT Scan 160 slice, X-Ray, Panoramic, USG, Treadmill, Echocardiography, EEG, EMG, Spirometri dan Audiometri.

“Kami juga meyediakan sarana Helipad untuk air-medical evacuation.” pungkasnya.

Hal senada terkait pelayanan juga dikatakan Direktur Rumah Sakit M.H. Thamrin Cileungsi Member of RHG, dr. Mastika Talib, MARS, menyampaikan layanan Center of Excellent dari Radjak Hospital Cileungsi yakni layanan, Bedah Thoraks, Kardiovaskular dan Bedah Mulut.

Sementara itu, dr Eko Budi Heryanto, MM selaku Direktur Rumah Sakit Harapan Keluarga Cikarang menambahkan, bahwa Center of Excellent Rumah Sakit Harapan Keluarga Cikarang member of Radjak Hospital adalah, Trauma Center (Bedah Umum, Bedah Orthopedi, Bedah Syaraf, THT (KL), Syaraf ), Layanan Obsgin Sub Spesialis Fetomaternal, Ruang Intensif (ICU, NICU, PICU), Pemeriksaan Penunjang: CT-Scan 32 Slice, Photo Panoramic, USG 4D.

“Dengan danya layanan jemput ambulance gratis dan program CS untuk lingkungan sekitar. Rumah Sakit Harapan Keluarga Cikarang (Member of Radjak Hospital) memiliki kapasitas 119 tempat tidur,” imbuhnya

Sejarah Singkat Radjak Hospital

Radjak Hospital Group (RHG) merupakan Perusahaan Induk dari RS. MH. Thamrin yang kini telah berubah nama menjadi Rumah Sakit Radjak Hospital. Sejak Radjak Hospital Group didirikan pada tahun 1979 oleh Dr. H. Abdul Radjak, DSOG., kini Radjak Hospital Group telah memiliki enam rumah sakit.

Baca Juga:  Pemkab Bogor Kembali Gelar Vaksinasi Massal Untuk 2.500 Orang di TSI

Radjak Hospital adalah Rumah Sakit dengan akreditasi Paripurna dengan mengutamakan mutu keselamatan pasien. Kami memberikan layanan kesehatan yang menyeluruh untuk masyarakat Indonesia dengan teknologi yang mumpuni serta memberikan layanan pasien dengan jaminan dari perusahaan, asuransi, BPJS, dan pembayaran pribadi.

Untuk menjangkau kebutuhan kesehatan masyarakat, Radjak Hospital tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Cileungsi, Cikarang, Cibitung, Cengkareng dan Purwakarta. Beberapa layanan unggulan yang kami sediakan bagi pasien antara lain Neuroscience, Bedah Digestif, Bedah Vascular, Paru, Orthopedi, Jantung. Trauma Center, Bedah Thoraks, Kardiovaskular, Bedah Mulut, Bedah Ortopedi, Pain Intervention dan Brain serta Spine Center.

Radjak Hospital memiliki fasilitas pelayanan yang lengkap diantaranya layanan Gawat Darurat, Radiologi, Laboratorium, dan Farmasi yang hadir 24 jam. Selain itu, Radjak Hospital memiliki area parkir yang luas, ruang edukasi pasien, ruang laktasi, ATM Center, Musholla, kantin, dan area lobi yang nyaman. (Taufik/Adenan)