Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong-Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor di bulan puncak penanaman padi Pemkab Bogor akan memulai penanaman padi seluas 7.000 hektar yang tersebar di tiga Kecamatan Cariu, Jonggol dan Tanjungsari, hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Siti Nurianty saat menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Padi Program Makmur di Desa Cibadak Kecamatan Tanjungsari, Kamis (24/11).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Siti Nurianty mengatakan, saat ini merupakan puncak penanaman padi untuk periode Oktober-Maret, tetapi untuk wilayah Cariu, Jonggol, dan Tanjungsari dimulai pada bulan November-Desember di tanah seluas 7.000 hektar. “Hari ini kita sama-sama hadir dalam rangka pencanangan Program Makmur yaitu program pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian berkelanjutan dengan melibatkan rantai pasok untuk memakmurkan petani Indonesia,” ujarnya.

Tambah Nurianty, adapun tujuannya adalah yang pertama, meningkatkan produktivitas pertanian, meningkatkan pendapatan petani, adopsi praktek pertanian unggul, adopsi penggunaan pupuk komersial dan penanganan hama. Kemudian fasilitasi pemasaran, dan pelaksanaan inklusi keuangan berupa KUR, Asuransi Usaha Tani, dan Asuransi Perlindungan Petani, dengan sasaran 50 hektar di daerah Tanjungsari, Cariu, dan Jonggol.

Katanya, pada kesempatan ini juga disampaikan secara simbolis berupa benih padi yang telah diberikan kepada petani tahun 2021 sebanyak 370 ton, baik melalui APBD maupun APBN. Alat mesin pertanian berupa huller 7 unit, polisher padi 4 unit, dan roda 3 320 unit, serta terasuransinya 20 ribu lahan usaha tani padi untuk 1.177 kelompok tani. 

“Kemudian juga akan diberikan asuransi perlindungan petani, dan pemberian KUR dari BNI dan BJB, serta penyerahan tabungan emas dari pegadaian syariah, dan paket pelatihan edukasi keuangan dari Jasindo, dan paket pelatihan milenial,” tandasnya.

Selanjutnya, Perwakilan PT Pupuk Indonesia Pangan, Servin Martawijaya menerangkan bahwa program penanaman padi Program Makmur di Desa Cibadak Tanjungsari Kabupaten Bogor merupakan tindak lanjut dari kegiatan beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 28 Agustus 2021 oleh Bapak Erick Tohir selaku Menteri BUMN telah meresmikan Program Makmur yang merupakan singkatan dari Mari Kita Majukan Usaha Rakyat.

Pages : 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *