28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong – Warga Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, antusias tahun 2024 ini mendapat kuota 1.500 bidang tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor, untuk diikutkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Kami mendapat kuota dari BPN Kab.bogor sebanyak seribu lima ratus bidang tanah. Pada saat ini  Pemdes Cikahuripan sudah melaksanakan sekitar seribu bidang tanah. Semua sudah lengkap datanya sampai selesai pengukuran di lokasi,” kata ujar Sekretaris Desa Cikahuripan, Encin, kepada Klikpos.net di kantornya, Kamis (15/6/2023).

Menurutnya, pelaksanaan PTSL di desanya dilaksanakan pada bulan Mei 2023 setelah sebelumnya aparat 

Pemerintah Desa (Pemdes) melakukan sosialisasi terlebih dahulu di Kantor Kecamatan Klapanunggal, kemudian dimusyawarahkan di desa bersama warga masyarakat  di 24 RT dari 10 RW. 

“Pemdes mennyampaikan kepada warga masyarakat untuk mempersiapkan persyaratan seperti kartu keluarga, ktp, akte jual beli, surat segel tanah, surat keterangan tidak sengketa, riwayat tanah dan Leter C Tanah,” ujarnya.

Ecin menyebutkan, biaya PTSL diterima  Pemdes sebesar Rp150.000 per satu bidang tanah.

“Warga masyarakat antusias menyambut PTSL dari BPN Kab.Bogor ini,” katanya.

Menurut Encin PTSL sangat membantu kepentingan warga masyarakat agar tanah tidak ada lagi bermasalah. Selain itu status kepemilikan tanah jelas dan bila ada kebutuhan lainnya bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat. (Rizal)

Baca Juga:  Akselerasi Vaksinasi Booster Kota Bogor Masih yang Tercepat di Jawa Barat