13/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim meninjau lokasi longsor yang berada di Kampung Tarikkolot, RT 5/11, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kamis (15/6/2023) sore.

Diketahui bahwa di lokasi tersebut terjadi longsor pada turap yang menimpa tiga rumah dibawahnya awal Juni lalu. Meskipun tak ada korban jiwa, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pastikan bahwa turap akan kembali dibangun segera dengan kondisi yang lebih kuat.

“Hari ini kita memastikan, bahwa pelaksanaan rencana untuk pembangunan turap yang tujuannya untuk melindungi masyarakat supaya tidak lagi ada kekhawatiran kalau misalnya terjadi hujan besar itu bisa kita ajukan dan kita ACC senilai Rp 1,9 Miliar,” jelas Dedie.

Hanya saja, saat ini proses administrasi masih berproses. Namun, kesiapan pembangunan sudah ditunaikan. Seperti desain maupun Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk turap tersebut. Sambil menunggu itu, Dedie mengaku saat ini petugas terus melakukan perapihan.

“Sedikit – sedikit supaya nanti saat uangnya turun untuk pembangunan tinggal dilaksanakan. Kita sekarang juga pastikan warga tetap aman sambil menunggu proses pembangunan berjalan,” kata Dedie.

Sementara empat kepala keluarga (KK) yang terdampak, masih kata Dedie, sudah dilakukan relokasi ke hunian sementara (huntara). “Nanti boleh kembali setelah pembangunan turapnya selesai. Karena ini masih rawan,” tambahnya.

Saat peninjauan ke lokasi, Dedie didampingi pula oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas PUPR, Camat Bogor Barat dan Lurah Gunung Batu. (Adenan M)

Baca Juga:  Bangganya Bima Arya dan Ganjar Pranowo Jadi Anak Polisi