28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

Klikpos.net/Cibinong – Sekitar 120 warga Kampung Pos, RT.05/RW 13, Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor antusias mengikuti kegiatan Cek Kesehatan gratis yang digelar Komunitas Maju Bersama berkolaborasi dengan Kawanjuang GP, di pelatarann Ruko LMC, Cikaret, Cibinong, Sabtu (22/7/2023).

Muhammad Aditya Ketua Panitia Pelaksana Maju Bersama menyebutkan kegiatan Cek Kesehatan gratis memang menjadi program kerja pokok organisasi mereka dan selama ini telah dilaksanakan di berbagai wilayah di Jabodetabek.

“Sebelumnya di sini kita juga telah melaksanakan kegiatan Cek Kesehatan gratis di Bekasi, Jakarta, Bandung dan terus akan kita laksanakan di berbagai tempat lain,” katanya.

Menurutnya Maju Bersama semula terbentuk dari komunitas alumni SMAN di Jakarta, yang peduli atas kesehatan masyarakat. Kemudian dengan menggandeng para sponsor donatur tidak mengikat, tenaga kesehatan dan dokter freelancer, mereka melaksanakan kegiatan Cek Kesehatan gratis di berbagai wilayah.

Ketua RT.05/RW.13, Pabuaran, Cibinong, Hendra.G, menyebutkan “saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Maju Bersama berkolaborasi dengan Kawanjuang GP. Semoga dengan ini kita semua semakin peduli dengan kesehatan masyarakat kita,” katanya.

Panitia Lokal, Johan Setiawan, menyebutkan kegiatan tersebut sebelumnya sudah disosialisasikan selama seminggu kepada warga sekitar. Pihaknya juga bekerjasama dengan pihak RT/RW setempat.

“Kegiatan ini murni bakti sosial bidang kesehatan masyarakat. Jadi meskipun ada sponsor dari berbagai pihak namun tujuannya untuk peduli terhadap kesehatan masyarakat kita saja,” tandasnya.

Dokter Asrinah, yang bertugas dalam kegiatan Cek Kesehatan Gratis tersebut menyebutkan gejala yang banyak didapat dari para peserta kebanyakan tensi darah tinggi dan kolestrol tinggi. 

Menurutnya hal tersebut biasanya akibat pengaruh makanan junk food mengingat saat ini masyarakat semakin mudah memperolehnya. 

Baca Juga:  Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Dedie Rachim Instruksikan Mitigasi Bencana

“Untuk menghindari  tensi darah tinggi dan kolesterol tinggi tersebut warga masyarakat diharapkan menerapkan pola hidup sehat dan mengurangi paparan asap rokok,”  ujarnya.

Budi, salah satu peserta kegiatan Cek Kesehatan tersebut menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Dia berharap kegiatan sejenis lebih sering dilaksanakan.

Sesudah melakukan cek kesehatan para peserta juga mendapat bingkisan dari panitia. (Taufik/Adenan)