13/04/2024

Daun pandan dengan banyak manfaat bagi kesehatan (foto: PMJ News).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net – Daun pandan selama ini terkenal sebagai pewangi makanan alami yang sehat dan menyegarkan.

Namun rupanya khasiat pandan buan hanya memberikan aroma khas pada aneka hidangan. Ternyata daun pandan juga menyimpan beragam khasiat dalam mendukung kesehatan.

Beberapa riset mengungkapkan, daun pandan mengandung senyawa aktif yang memberikan dampak positif pada kesehatan manusia.

Di antaranya, berbagai senyawa yang terdapat dalam daun pandan mampu mengendalikan kadar gula darah.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, Senin (8/1/2024), berikut 5 manfaat daun pandan bagi kesehatan:

  1. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil
    Flavonoid yang ada dalam daun pandan dapat berperan penting dalam mengatur tingkat glukosa dalam darah bahan senyawa ini mampu meningkatkan respons insulin dan memperlambat penyerapan glukosa, sehingga kestabilan kadar gula darah dapat dipertahankan.
  2. Meredakan Demam
    Daun pandan juga dikenal mampu meredakan deman. Demam merupakan gejala tubuh tengah melawan infeksi sehingga menimbulkan peningkatan suhu tubuh. Jika mengalami demam, cobalah manfaat air rebusan daun pandan untuk meredakannya.
  3. Menurunkan Darah Tinggi
    Zat flavonoid yang terdapat dalam daun pandan memiliki sifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Flavonoid ini memiliki peran penting dalam melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat oksidasi dan peradangan, yang dapat berkontribusi pada penurunan tekanan darah tinggi.
  4. Mengatasi Diare
    Daun pandan memiliki khasiat sebagai obat diare karena mengandung tanin yang memiliki sifat antidiare. Pengolahan daun pandan sebagai obat diare juga sangat simpel, yakni dengan merebus beberapa helai daun pandan dalam air dan mengonsumsi air rebusannya.
  5. Bantu Atasi Insomnia
    Air rebusan daun pandan cocok dikonsumsi penderita insomnia. Mengonsumsinya bisa menenangkan, mudah tidur, dan nyenyak. Seduh daun pandan dengan air panas. Campurkan dengan satu sendok teh madu, lalu konsumsi selagi masih hangat. (Adenan/Taufik)

Sumber: PMJ News

Baca Juga:  Inul Daratista Bagikan Tips Agar Rezeki Lancar