28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Wali Kota Bogor, Bima Arya berkumpul bersama masyarakat di tengah aktivitasnya berkantor di Alun-alun Kota Bogor, Minggu (18/6/2023).

Berjalan mengelilingi Alun-alun Kota Bogor, Bima Arya menyapa dan berbincang dengan warga yang ditemuinya.

Selain warga Kota Bogor Alun-alun juga banyak dikunjungi oleh masyarakat diluar Bogor, seperti dari Jakarta, Tangerang, Karawang, Bekasi, Depok bahkan hingga masyarakat Sukabumi.

Pengunjung Alun-alun dari luar kota sengaja datang untuk berlibur dan menghabiskan waktu akhir pekan di Kota Bogor.

“Ini dari Sukabumi, datang ke sini sengaja liburan ke Kota Bogor? Terus pulang jam berapa?,” tanya Bima Arya kepada pengunjung asal Sukabumi.

Kepada Bima Arya pengunjung Alun-alun tersebut mengaku sudah berlibur ke Kebun Raya Bogor, melihat Istana Bogor dan rusa serta mengunjungi Balai Kota dan transit di Alun-alun Kota Bogor sambil menunggu jadwal kereta Pangrango.

Selain berkumpul bersama pengunjung Alun-alun, Bima Arya juga mengecek berbagai fasilitas di Alun-alun Kota Bogor, seperti fasilitas tempat duduk, tempat menunggu, toilet, tempat sampah dan sebagainya.

Bima Arya juga sempat berbincang dengan para pedagang kaki lima yang berjualan di seberang Alun-alun.

Di sana ada beberapa pedagang yang sudah berjualan belasan tahun, bahkan hingga puluhan tahun di Jalan Dewi Sartika.

“Insya Allah ini akan kita tata ya, nanti kita tata sentra kulinernya di sana. Jadi bisa berjualan rapi dan bersih. Tapi harus juga dijaga kerapiannya,” katanya.

Selain sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, sahabat, teman dan kerabat, untuk bermain anak-anak, tempat olahraga dan wisata, Alun-alun Kota Bogor juga dimanfaatkan oleh dua pemuda yang menggelar pojok membaca sebagai fasilitas baca buku gratis.

Baca Juga:  Tiba di Kota Bogor, Wakil Wali Kota Sambut Rombongan JKW PWI

Keberadaan dua anak muda ini pun menarik perhatian Bima Arya yang kemudian Bima Arya pun menyumbangkan buku miliknya.

Dua orang pemuda asal Sulawesi Tenggara Zulfikar (23) dan Aswad (22), mahasiswa yang memiliki ide kreatif untuk membangun kembali kesadaran membaca masyarakat.

Memanfaatkan momen ramainya pengunjung di Alun-alun Kota Bogor, dua pemuda dari Cetta Pustaka atau yang bisa diakses di akun instagram Cetta_pustaka memberikan fasilitas membaca gratis.

Setiap Sabtu dan Minggu keduanya menggelar pojok membaca di Alun-alun Kota Bogor sejak siang hingga sore.

Kegiatan ini awalnya dilakukan di kampung halaman mereka sejak tahun 2018.

Namun ketika mereka berkuliah di Bogor mereka pun melanjutkan aktivitas tersebut di Kota Bogor.

“Jadi kita memang hobi baca dan suka membaca, kita juga ingin anak-anak juga hobi membaca. Kami ingin membangun kembali kesadaran membaca, membaca itu asyik lho bisa dimana saja, bisa kapan saja, nah semoga dari kegiatan ini juga bisa meningkatkan literasi,” kata Zulfikar.

Dalam sehari kata Zulfikar, pengunjung yang hadir bisa mencapai 50 hingga 100 orang. Ia pun menyampaikan terima kasih atas sumbangan buku yang diberikan oleh Bima Arya. (Adenan M)