28/02/2024

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Jabar Taufik Budi Santoso (foto:dok. Humas Jabar).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net –  Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2024 ini akan membangun 144 sekolah baru di 144 kecamatan.

Direncanakan sekolah tersebut terdiri dari jenjang SMA, SMK, dan SLB yang menjadi kewenangan pemda provinsi.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Jabar Taufik Budi Santoso mengatakan, pembangunan 144 sekolah baru tersebut berdasarkan kajian dari Dinas Pendidikan Jabar yang menunjukkan di 144 kecamatan terdapat SMK, SMA swasta, tapi tidak ada sekolah negeri.

“Kita asumsikan perlu 144 sekolah baru yang harus dibangun di 2024,” kata Taufik, dalam keterangan dikutip Rabu (10/1/2024).

Dengan rencana pembangunan itu, maka ke depan seluruh kecamatan di Jabar ada SMA dan SMK negerinya. Adapun target pembangunan 144 unit sekolah selesai dalam waktu lima tahun ke depan.

Sedangkan soal anggarannya, Taufik belum bisa menyebutkan, hanya saja menurutnya rata-rata untuk membangun 1 unit sekolah dibutuhkan kurang lebih perlu Rp3 miliar, “itu kebutuhan minimal, belum termasuk aset tanahnya itu tergantung lokasi,” ungkapnya.

Meski begitu tiap daerah bisa berbeda, misalnya harga tanah di Kota Depok, kata dia, lebih tinggi ketimbang daerah lainnya di Jabar. Untuk Pemprov Jabar akan bekerja sama dengan pemda kabupaten/kota terkait upaya pemanfaatan fasilitas umum dan fasilitas sosial menjadi fasilitas pendidikan.

Selain itu, dalam pembangunan baru itu, Pemrov jabar akan membuka kemungkinan kerja sama dengan badan usaha melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR).

Pembangunan sekolah baru itu diutamakan bagi wilayah yang sudah tersedia aset tanahnya, sedangkan untuk gurunya akan ada penyesuaian, “sarprasnya juga harus kita siapkan seperti meja kursi. Ini akan kita sesuaikan dengan sekolah,” pungkas Taufik. (Taufik/Adenan)

Sumber: Pemprov. Jabar

Baca Juga:  Pemkot Bandung dan Lemdiklat Polri Kerjasama Peningkatan SDM