18/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Bogor menggelar Rakor Penguatan Kelembagaan Tim Pembina Unit Kesehatan Sekolah (TP UKS) Sekolah/Madrasah tingkat Kota Bogor 2023 di Istana Ballroom, Hotel Salak The Heritage Bogor, Selasa (16/5/2023).

Rakor yang dibuka Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah ini dihadiri 90 peserta perwakilan dari Disdik, Dinkes, Kepala Sekolah RA, TK, PAUD, MI, SD, MTS, SMP, MA, SMA dan SMK.

“Hari ini sosialisasi karena ada perubahan dari Kemendikbud. Jadi di 2023 ini sudah tidak ada lomba lagi diganti dengan stratifikasi yang mana ada predikatnya berjenjang, mulai dari tingkat pertama sampai tingkat paripurna,” ujar Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Syarifah mengatakan, sebenarnya TP UKS Kota Bogor sudah menorehkan banyak prestasi sejak 2018. Namun, penilaian lomba TP UKS terhenti sejak Pandemi Covid-19. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pembinaan UKS di sekolah-sekolah.

Dengan perubahan ini, lanjut Syarifah, sekolah-sekolah yang pernah juara TP UKS pun harus kembali mengikuti penilaian. Usai sosialisasi ini Kota Bogor akan melakukan penilaian mandiri stratifikasi TP UKS ke seluruh sekolah-sekolah sesuai jenjangnya (TK, SD, SMP, SMA dan sederajat) untuk melihat sekolah ini berada di tingkat mana.

“Belum ada penilaian dari pusat, tapi kami akan persiapkan. Jadi kapanpun pusat mau turun untuk menilai, Kota Bogor sudah mempunyai data dan sekolah tersebut memenuhi syarat mendapatkan stratifikasi dengan predikat atau tingkat terbaik,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Setda Kota Bogor, Abdul Wahid mengatakan, pembinaan TP UKS di Kota Bogor berorientasi pada karakter dan akhlak. Pasalnya, di zaman teknologi seperti sekarang ini tantangan pendidikan sangat berat, mengingat banyak siswa yang ketergantungan dengan gawai. Dengan adanya program TP UKS ini sekolah akan mengarahkan anak-anak dan merubah kebiasaan anak-anak sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan dapat tercapai.

Baca Juga:  Bima Arya Apresiasi Kurikulum Berbasis Digital yang Diluncurkan Jabar dan Shopee

“Kunci keberhasilan anak-anak kita itu selain harus pintar juga harus berkarakter dan berakhlak. Jadi target utama pembinaan UKS ini agar anak-anak sehat, pintar berkarakter dan berakhlak,” jelasnya. (Adenan M)