28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong – Para pengurus organisasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pejuang Batak Bersatu Bogor Raya menerima Surat Keputusan (SK) kepengurusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di Cibinong, Rabu (20/12/2023).

Para pengurus  yang menerima SK adalah Adenan Manurung, S.Th sebagai Ketua DPD Pejuang Batak Bersatu Bogor Raya, Irwan Manurung menempati posisi sekretaris dan Karlen Lumbanraja sebagai bendahara dan para pengurus lainnya.

Pendiri Pejuang Batak Bersatu Maret Silaban menyebutkan pemberian SK tersebut sudah cukup panjang penantiannya tetapi sekarang merupakan saat yang tepat.

“Organisasi ini harus bukan hanya bermanfaat bagi suku Batak tetapi juga suku lain dan pemerintah daerah, marilah kita semua rukun dan bersatu” kata Maret Silaban.

Ketua DPD Pejuang Batak Bersatu Bogor Raya Adenan Manurung menyebutkan ada tiga tahap kegiatan sebagai rangkaian kegiatan penerimaan SK tersebut.

Sebelumnya, kata dia, sudah ada kegiatan pemberian mandat yang kemudian dirangkai dengan pemberian SK yang dilaksanakan hari ini dan nantinya akan dilanjutkan dengan pelantikan.

Adenan menyebutkan pemberian SK dilakukan Maret Silaban sebagai salah satu pendiri Pejuang Batak Bersatu.

Lebih jauh Adenan menyebutkan tujuan didirikannya organisasi Pejuang Batak Bersatu di antaranya adalah untuk menjaga sejarah kebangsaan Indonesia dan cinta terhadap NKRI.

“Pejuang Batak Bersatu menjunjung tinggi persatuan dan mengumpulkan semua potensi yang ada untuk kemajuan semua di segala bidang. NKRI harga mati,” tandas Adenan.

Lebih jauh dia menuturkan tujuan lainnya adalah untuk, “meredam berkembangnya penonjolan kesukuan, kedaerahan dan mencegah disintegrasi bangsa dan perpecahan”.

Selain itu, Pejuang Batak Bersatu, kata dia, juga ingin mewujudkan bangsa yang kuat, rukun, bersatu, berdaya saing tinggi dan sejahtera.

Baca Juga:  Sosialisasi dan RDP Raperda Pajak dan Retribusi, Bima Arya Sampaikan 4 Substansi

Hal tersebut mengingat menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun  2010, kata dia, jumlah etnis di Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnis atau suku bangsa, tepatnya 1340 suku bangsa dan 1211 bahasa. 

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya disusul dengan Mars Pejuang Batak Bersatu dan dibuka dengan doa oleh Imam Pardede.

Selain dihadiri pendiri, kegiatan itu juga dihadiri beberapa pengurus DPD lain seperti Ketua DPD DKI Jakarta.

Kegiatan pemberian SK itu juga diwarnai pemotongan tumpeng sebagai sombol persatuan dan kegiatan lainnya. (Taufik BS/Adn)