04/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada 30 Juli mendatang, Kandaga Urang Sunda berencana mengadakan pawai obor dan pagelaran seni.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kandaga Urang Sunda, Shahlan Rasyidi saat audiensi dengan Plt. Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Kamis (7/7/2022).

Plt. Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menyatakan, terkait rencana tersebut yang akan dilaksanakan di wilayah Bogor Selatan diharapkan dalam pelaksanaannya tidak ada kendala, mengingat kondisi Kota Bogor termasuk kawasan aglomerasi. Koordinasi dengan semua pihak terkait ditekankan Dedie agar acara yang sudah direncanakan bisa berjalan lancar, sukses dan mendapat dukungan semua pihak.

“Mudah-mudahan kegiatan masyarakat dan seni budaya bisa dilaksanakan tanpa hambatan. Insya Allah Pemkot Bogor mendukung selama semua yang terlibat bisa saling menjaga dan kesadaran publik, sehingga keinginan bersama untuk menyelesaikan pandemi ini adalah modal utama kita untuk maju kedepan. Kegiatan seperti ini sangat ditunggu oleh masyarakat karena ini kegembiraan apalagi ini menyongsong 1 Muharram,” kata Dedie.

Untuk pihak-pihak lain yang akan memperingati 1 Muharram diharapkannya untuk berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, sehingga pelaksanaannya nanti akan lebih meriah dan lebih bagus.

Kandaga Urang Sunda Kandaga yang berdiri 5 Juni 2005 menurut Dedie berisi tokoh dan para inohong Bogor yang luar biasa. Dengan ketokohannya akan mampu memberikan kebaikan dan kontribusi positif bagi Kota Bogor.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Atep Budiman menambahkan, jika bisa disinergikan berpotensi menjadi salah satu event rutin yang memberikan daya tarik wisata Kota Bogor tentunya perencanaannya harus lebih maksimal dan diharapkan memberi manfaat dari sisi ekonomi bagi Kota Bogor, dibandingkan jika dilaksanakan secara terpisah atau hanya sebatas melaksanakan ritual kebiasaan.

Baca Juga:  Yane Ardian Apresiasi Peluncuran Buku Dandang Betawi

Pada kesempatan itu, selain menjelaskan rencana rangkaian kegiatan berupa gelaran seni pada siang hari di Balai Ageung dan pawai obor pada malam harinya yang mulai dari Empang melalui Jalan Pahlawan, Jalan Siliwangi masuk ke jalan Lawang Gintung dan finish di Balai Ageung.

Ketua Kandaga Urang Sunda, Shahlan Rasyidi juga memperkenalkan susunan kepengurusan Kandaga urang Sunda, dimana Dedie A. Rachim sendiri mendapat kepercayaan sebagai Dewan Pembina.

Untuk pemilihan acara pawai obor, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik ini menyatakan tidak lepas dari sejarah Prabu Siliwangi, yaitu membawa Permaisurinya, Sri Kentring Manik dari Ciamis Kawali dibawa ke Bogor. Secara tidak langsung kegiatan ini mengingatkan kembali sejarah Prabu Siliwangi.

Sedangkan pemilihan kawasan Empang sebagai start pawai tidak lepas dari keinginan Habib Hasan yang ingin ikut bergabung dan mengajak umat islam bersatu memperingati dan memeriahkan 1 Muharram 1444 Hijriah. (Adenan Manurung)