21/05/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP)

“OPTIMALISASI KINERJA PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK”

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor menyelenggarakan forum konsultasi publik (FKP) rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah (Sekda), Jumat 10 Februari 2023.

Dengan mengusung tema ‘Optimalisasi Kinerja Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik’, ada tiga prioritas pembangunan daerah yang diutamakan yakni stabilisasi ekonomi daerah, peningkatan tata kelola penyelenggara publik, kinerja aparatur dan penataan administrasi, serta pemenuhan sarana dan prasarana di pemerintah daerah.

Sekretaris Daerah Drs. Burhanudin, M.Si membacakan sambutan Bupati sekaligus Membuka Acara Forum.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengatakan, semua sektor memiliki skala prioritasnya masing-masing, namun pihaknya tetap memilah mana yang harus diutamakan dalam RKPD 2024 tersebut.

“Kalo kita tetap berpegang pada pelayanan dasar tadi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, termasuk masalah sosial, tentunya semua menjadi prioritas, tinggal bagaimana memilih yang benar-benar prioritas,” ucap Suryanto.

Kepala Bappedalitbang Ir. Suryanto Putra, M.Si dan Pejabat Analis Kebijakan Utama H. Didi Kurnia, SH., M.Si dalam talkshow  

RKPD 2024 tersebut akan dijadikan pedoman bagi Penanggung Jawab (PJ) Kepala Daerah di tengah dinamika penyelenggaraan pemilu serentak dan juga upaya dalam menghadapi dampak resesi global yang diprediksi akan terjadi di tahun 2023.

Berkaitan dengan isu resesi global, Suryanto menyebut, setiap minggunya Pemerintah Kabupaten Bogor selalu memberikan atensi dan meningkatkan koordinasi terkait inflasi agar daerah dapat mengantisipasinya.

“Ancaman krisis ekonomi global itu akan mempengaruhi kita juga. Makanya sekarang kita setiap minggu itu menyelenggarakan rapat pengendalian inflasi, agar jangan sampai terjadi hal itu di daerah,” pungkas Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor kepada wartawan.

Pada intinya, dia tidak ingin pelayanan terhadap masyarakat berkurang. Maka dari itu, kata dia hal-hal yang kurang penting harus dikurangi dengan mengutamakan kebutuhan masyarakat.

Para Undangan Forum Konsultasi Publik.

Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik ini memiliki maksud dan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah serta arah kebijakan yang telah dirumuskan, sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Bogor tahun 2024.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin mewakili Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta, agar penyusunan RKPD tahun 2024 dilakukan secara partisipatif, melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor. Seluruh perangkat daerah fokus pada perencanaan teknokratik yang dikombinasikan dengan usulan masyarakat supaya tepat sasaran.

“Kita harus berupaya meningkatkan layanan publik, meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, dan meningkatkan daya saing daerah dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan,” kata Burhanudin.

Ia mengungkapkan, luasnya wilayah dan jumlah penduduk yang terus bertambah, menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Bogor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan dasar, pelayanan wajib non pelayanan dasar, serta urusan pilihan lainnya.

“Saya minta agar usulan program kegiatan dalam forum ini, dapat fokus dan menukik kepada penyelesaian masalah dan isu strategis, agar pemanfaatan belanja daerah yang terbatas dapat dioptimalkan,” ujarnya saat sambutan. (*)