28/02/2024

Banjir di wilayah Braga, Bandung, Kamis (11/1/2024) (tangkap layar TikTok).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net – Intensitas hujan tinggi menyebabkan Sungai Cikapundung meluap dan membanjiri wilayah Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/1/2024) sore.

Akibatnya, sebanyak 600 rumah warga di Kelurahan Braga terendam banjir dan 150 warga terdampak mengungsi ke Teras Cikapundung.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyebutkan banjir di antaranya dipicu tanggul penahan air Sungai Cikapundung yang jebol akibat hujan deras. Sedangkan penyebab lain saat ini sedang diidentifikasi, “Tim lagi mengidentifikasi faktor penyebabnya,” ucapnya.

Selain di Braga, kata Bambang, banjir juga terjadi di kawasan Tamansari, Regol dan mengakibatkan longsor di Dago Bengkok.

Paling tidak ada beberapa titik banjir yakni di Cikapundung Braga, Tamansari, Regol, sedangkan :di Dago Bengkok itu longsor,” kata Bambang.

Sementara itu Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar Hadi Rahmat menyebutkan ratusan rumah yang kebanjiran tersebar di empat RW, Kelurahan Braga.

Dalam keterangan resminya Hadi Rahmat menyebutkan di RW 8 sebanyak 250 unit rumah kebanjiran, 250 di RW 4, “dan 100 rumah di RW 3 dan 7 Gang Apandi,” katanya, Kamis (11/1/2024).

Lebih jauh dia menjelaskan banjir terjadi sekitar 17.10 WIB setelah wilayah Kota Bandung diguyur hujan dari siang hingga sore hari sehingga ketinggian banjir di wilayah tersebut berkisar 50 sentimeter..

Hingga Kamis malam, para petugas BPBD Jabar dibantu aparat kewilayahan dan Diskar PB Kota Bandung, masih berada di lokasi banjir membantu warga terdampak, kata Hadi.  (Adenan/Taufik)

Baca Juga:  Hakim Nilai Tidak Bersalah Cemarkan Nama Baik Luhut, Haris Azhar dan Fatia Divonis Bebas