04/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) meresmikan foodcourt di Taman Manunggal, Kelurahan Menteng, Bogor Barat, Selasa (03/1/2023).

Peresmian wisata kuliner ini dilakukan Wakil Wali Kota, Dedie A. Rachim didampingi Kepala Disperumkim, Juniarti Estiningsih dan dihadiri Perwakilan Kapolsek, Perwakilan Danramil, Babinsa, Camat Bogor Barat, Lurah Menteng, Ketua Koperasi Pembiayaan Ekonomi Kelurahan (KPEK) Kelurahan Menteng dan tamu undangan.

Foodcourt taman manunggal merupakan pusat UMKM kuliner yang dibangun atas kerja sama antara KPEK Kelurahan Menteng dengan Dinas Perumkim dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di Kelurahan Menteng.

Dedie mengatakan, berdirinya foodcourt ini sebagai upaya besar untuk mewujudkan area sekitar lapangan manunggal menjadi lebih manusiawi.

“Sekarang penjual kaki lima jadi naik kelas, berawal dari penjual pinggir jalan, kini kiosnya sudah punya alamat dengan dipasangnya nomor. Ini bentuk meningkatkan marwah. Jadi seluruh masyarakat kelurahan menteng harus ikut serta mendukung penataan penertiban ini,” katanya.

Hadirnya foodcourt di samping di area Taman Manunggal yang bersebelahan dengan mini soccer ini bisa memadukan antara wisata olahraga dan kuliner.

“Jadikan ini sebagai tempat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Dedie.

Meski demikian Dedie berpesan agar sampah yang dihasilkan dikelola dengan baik sehingga tidak merusak alam dan lingkungan.

Keberadaan Taman Manunggal tidak terlepas dari upaya Pemkot Bogor melakukan beautifikasi Bogor Barat.

Selanjutnya kata Dedie, pihaknya berencana akan melakukan penataan sekitar sepanjang Sungai Kalibaru, Jalan Semeru, Jalan Tentara Pelajar, yang akan dijadikan tempat Science City Kota Bogor.

“Karena di sini banyak tempat tempat hebat, seperti pusat penelitian, pusat pengembangan pertanian dan lain lain. Hanya saja banyak yang tidak tahu karena tidak pernah dipublikasikan, disampaikan, dikembangkan. Sehingga mengakibatkan layu sebelum berkembang,” ujarnya.

Baca Juga:  Lomba Bogorku Bersih 2022 Diumumkan, Dedie : 6-10 Persen Sampah Berkurang

Di tempat yang sama, Kepala Disperumkim, Juniarti Estiningsih berharap dengan adanya foodcourt ini dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Sehingga produk-produk atau makanan khas Kota Bogor yang menjadi andalan akan menambah tematik kuliner untuk usaha jajanan atau wirausaha di Kelurahan Menteng khususnya.(Adenan Manurung)