28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
12

Klikpos.net/Cibinong – Desa Wisata Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, melenggang lolos masuk nominasi 75 besar desa wisata terbaik pada tahapan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Perlu diketahui bahwa Desa Purwabakti merupakan satu dari 35 desa wisata di Kabupaten Bogor yang turut mendaftar program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
Dari 4.750 lebih peserta desa wisata se-Indonesia, kemudian Desa Wisata Purwabakti kemudian lolos ke 500 besar. Melalui akurasi dewan juri Desa Wisata Purwabakti kembali lolos ke 300 besar, setelah melalui beberapa tahap penilaian. Desa Wisata Purwabakti kini melenggang ke 75 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.
Sebelumnya Desa wisata purwabakti dipercaya oleh Pemkab Bogor untuk melaksanakan jambore Desa Wisata se-Kabupaten Bogor pada 2022. Kemudian Desa Wisata Purwabakti juga berhasil menjadi desa wisata terbaik di ajang lomba desa tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023.
Kepala Desa Purwabakti, Tajudin Arifin mengungkapkan, bahwa Desa Purwabakti 60% didominasi oleh pertanian dan para pelaku UMKM nya juga lebih pada produksi hasil pertanian juga kerajinan. Dukungan dan peran Bumdes dalam mendorong kemajuan Desa Wisata Purwabakti sangat luar biasa. Kolaborasi yang dilakukan dengan Pemerintah Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan dan Pemkab Bogor melalui Bumdes mampu menghantarkan Desa Wisata Purwabakti lolos ke 75 besar se-Indonesia
“Tentu ini prestasi yang membanggakan, semoga pencapaian ini tidak hanya menjadikan Desa Wisata Purwabakti terbaik se-Indonesia, juga memberikan manfaat terhadap peningkatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Purwabakti,” ungkap Kades Purwabakti.
Kemudian, Ketua Badan Usaha Milik Pemerintah Desa (Bumdes) Bhakti Kencana Desa Purwabakti, Herdiansyah mengungkapkan, konsep dasar yang diusung adalah mengangkat wisata tematik berbasis masyarakat dan budaya serta kearifan lokal.
“Kita prioritaskan kearifan lokal sehingga semua unsur masyarakat kita libatkan untuk menggali potensi dan megembangkan melalui Desa Wisata Purwabakti yang berbadan hukum oleh Bumdes Bhakti Kencana,” ujar Herdiansyah.
Herdiansyah meminta dukungan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor juga seluruh masyarakat Kabupaten Bogor. Agar Desa Wisata Purwabakti bisa lolos ke lima besar terfavorit pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.
“Kami selaku masyarakat pengelola Desa Wisata Purwabakti, meminta dukungan khususnya ke seluruh warga Kabupaten Bogor dan semua unsur tokoh masyarakat dan juga Pemkab Bogor untuk mendukung dan memberi motivasi desa kami lolos ke lima besar terfavorit Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif,” tandasnya. (Taufik/Adenan)
Baca Juga:  Tingkatkan Perekonomian Warga, Bima Arya dan Yane Ardian Kenalkan Rubo di Tanah Baru