04/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong – Warga Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat menilai kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) Tajur cukup memuaskan menyusul keberhasilannya membangun jalan desa dengan betonisasi.

Atas keberhasilan itu warga antusias mendukung program Pemdes melakukan pengecoran jalan di wilayah RT.1 dan RT.2/RW.7 Kampung Ponteng, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor tersebut.

Kepala Desa Tajur Ade Safrudin didampingi Sekretaris Desa Herry Maulana kepada Klikpos menjelaskan pembangunan jalan betonisasi tersebut merupakan wujud dari Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) Tahap I Tahun 2022.

“Pemdes Tajur melaksanakan kegiatan pembangunan jalan itu  pada bulan November 2022. Pembangunan infrastruktur jalan dilakukan hanya pada satu titik saja yakni di Kampung Ponteng dengan anggaran dana Samisade Tahap I sebesar Rp600 juta atau 60%,” terang Herry kepada Klikpos, di kantornya, Senin 19 Desember 2022.

Dia menambahkan jalan yang berhasil dibangun itu sepanjang 700m, lebar 3m, tebal 0,15 m.

Sekdes Tajur, Herry (dok.Klikpos).

Keberhasilan itu, kata dia, tak lepas dari sosialisasi kepada warga di seluruh wilayah Desa Tajur yang berjumlah 32 RT dengan 8 RW.

Menurutnya, betonisasi jalan di Kampung Parung Ponteng itu memang layak dibangun pemerintah.

Pasalnya,  jalan tersebut sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi berupa pertanian dan perkebunan warga sekitar.

“Jalan tersebut mempermudah akses warga masyarakat untuk keluar masuk beraktifitas.Warga masyarakat sudah lama menunggu Pemdes untuk secepatnya membagun jalan dari Kampung Leuwibilik sampai Kampung Parung Ponteng itu,” tandas Herry.

Pelaksanaan pembangunan yang berlangsung selama 24 hari itu dikerjakan secara padat karya oleh Tim Pelaksana terdiri warga masyarakat dengan tenaga kerja berjumlah sekitar 20 orang.

Pekerjaan diawasi perangkat desa, petugas kecamatan, tokoh masyarakat serta  Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Citeureup.

Baca Juga:  Ketua Harian GTP Covid-19, Ema Sumarna : Sebelum Ajukan PSBM, Wilayah Harus Siap

“Saat ini warga masyarakat belum dapat melintasi jalan, menunggu kering dan keras terlebih dahulu. Petugas dari Dinas PUPR Kabupaten Bogor juga sudah turun ke lokasi untuk mengontrol,

menelusuri dan memeriksa pembagunan jalan ini. Pemdes Tajur juga sudah memberikan laporan pembangunan jalan tahap satu ini kepada Pemerintah Kecamatan Citeureup,” ujar Herry.

Dia menambahkan, berikutnya Pemdes akan melanjutkan pembangunan tersebut pada tahap dua di lokasi yang sama di RT.1 dan RT.2/RW.7.

Pada tahap dua pembangunan tersebut akan dibangun jalan sepanjang 334 m, lebar tiga 3m dan tebal  0,15m.

Anggaran yang akan dipakai ialah dana Program Samisade Tahap 2 sebesar Rp400 juta atau 40%.

Program Samisade pembangunan jalan tahap 2 itu sudah masuk pengajuan ke Kecamatan Citeureup.

“Pembangunan jalan betonisasi di lingkungan Kampung Parung Ponteng, RT.1 dan RT.2/RW.7, tahap 1 dan 2 seluruhnya sepanjang 1.034 m,” jelas Herry.

Untuk kesuksesan pembangunan tersebut, Pemdes Tajur akan kembali mengadakan musyawarah dengan warga masyarakat ke setiap lingkungan warga.

Herry berharap warga masyarakat semuanya dapat mendukung pembangunan jalan tersebut dan selanjutnya mampu memanfaatkan dan merawatnya. (Rizal)