0 2 min 5 mths
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor-Budayawan Bogor Eman Sulaeman telah tiada. Almarhum wafat di rumahnya di Bantar Kemang, Bogor, sekira pukul 08.00 WIB, Senin (28/6/2021).

Kabar duka diterima para rekan sejawat dari Ny. Titin, isteri almarhum. Dikatakan sebelum meninggal almarhum sakit asma dan akan dimakamkan di TPU Dreded.

Selain dikenal sebagai budayawan, almarhum juga dikenal sebagai seniman, sejarawan dan juga penulis. Di antara hasil karyanya adalah buku berjudul, “Sebuah Catatan Kecil Tentang Bogor” yang ditulis selagi usianya telah menginjak 80 tahun.

Buku ini berisi tentang toponomi, yakni asal-usul nama di kawasan Kabupaten, Kota Bogor serta Depok.

Dalam buku ini disajikan budaya Bogor yang sudah banyak dilupakan oleh anak-anak muda.

Menurut, Eman Sulaeman, dalam buku tersebut diceritakan tentang budaya Bogor aslinya maupun budaya Jawa Barat yang sangat kental di Bogor. Selain itu juga diceritakan tempat-tempat bersejarah. Tujuannya, agar anak muda khususnya yang tinggal Bogor bisa mengenal nilai-nilai sejarahnya.

Para pemerhati menyebut kehadiran buku tersebut telah menjawab ketiadaan buku yang menelaah asal usul dan paparan yang berkaitan dengan sejarah kawasan di Kota dan Kabupaten Bogor serta Kota Depok.

Nama Eman Sulaeman yang sangat lekat dengan budaya Bogor membuat beritaberpulangnya menjadi kabar duka para tokoh, seniman,  budayawan, sejarahwan, sastrawan maupun pegiat seni budaya. 

Mereka merasa sangat kehilangan seorang sosok senior yang berjuang untuk kelestarian sejarah, budaya dan adat istiadat Sunda.

Mereka berharap Pemda Bogor, kabupaten maupun kota dapat  memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Alm. Eman Sulaeman yang telah berjasa berjuang dalam pelestarian sejarah, budaya dan adat istiadat Sunda hingga akhir hayatnya. (Adenan/Taufik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *