24/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim melaksanakan peninjauan ke wilayah Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim), Juniarti Estiningsih dan jajaran, Selasa (28/6/2022).

Dedie meninjau pembuatan gong di pabrik Gong Pancasan didampingi perwakilan pemiliknya.

Ia secara langsung melihat proses pembuatan gong mulai dari tembaga bahan gong dipanaskan hingga ditempa oleh tiga orang pegawai. Salah satunya Ujang (63) yang sudah bekerja membuat gong sejak berusia 15 tahun atau sejak 1977.

Ujang menjelaskan, untuk membuat gong bonang yang berukuran kecil dengan ukuran diameter antara 22-24 cm. Dibutuhkan waktu sekitar sehari untuk menghasilkan empat biji bonang.

Sementara untuk gong ukuran besar dengan ukuran diameter sekitar 50 cm. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya memerlukan waktu satu hari setengah, itupun hanya untuk membuat gong kasar. Untuk gong berukuran diameter 60 cm diperlukan waktu dua hari yang dikerjakan oleh 9 orang pekerja.

“Untuk proses memoles gong jenis bonang maksimal mampu memoles 4 gong bonang dalam sehari. Yang agak susah adalah proses akhir dalam menentukan atau menyelaraskan suara atau nada dan itu dilakukan Bapak Hasan (52) yang merupakan generasi ketujuh,” katanya.

Ujang menambahkan, untuk menyelesaikan satu set lengkap alat musik gong ditambah dengan gendang serta seruling dibutuhkan waktu 1 bulan untuk menyelesaikannya.

Dalam peninjauan tersebut, Dedie bersama jajarannya sempat menemui warga yang menerima bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di RT. 02 RW. 07, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat. (Adenan Manurung)

Baca Juga:  Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan Panel Surya