24/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong-Desa Gunungsari, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor masih memprioritaskan dana Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Satu Milyar Satu Desa (Samisade) untuk membangun jalan desa dan drainase guna meningkatkan aksesibilitas.

Demikian diungkapkan Kepala Desa (Kades) Gunungsari Uwes Wijaya kepada Klikpos di kantornya, Senin (16/8/202).

“Pada  hari Senin ini para perangkat Desa Gunungsari melakukan perbaikan saluran air (drainase) di RW 1, RW 3 dan RW 4. Panjangnya 250 m,  lebar 40 m dan  tinggi 40 m. Anggarannya sebanyak Rp 309,6 juta diambil dari anggaran dana Samisade tahap dua tahun  2021,” terang Uwes Wijaya.

Tujuan perbaikan itu, kata dia, untuk memperlancar saluran air dari got untuk mengatasi banjir pada waktu musim  hujan sehingga aktifitas warga tidak terganggu, tandasnya.

Selain itu juga dilakukan pengecoran jalan di beberapa lingkungan seperti di RT 2, RT 3, RT 7 dan RT 8. Tujuannya,  agar akses mobil kendaraan roda 4 bisa sampai ke rumah warga.

Dalam pelaksanakan pembangunan tersebut, perangkat Desa Gunungsari didukung para tokoh masyarakat, Babinsa, maupun organisasi seperti Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten dengan Barisan Benteng Raya Padjajaran (BBRP).

Pelaksanaan perbaikan saluran air itu dikerjakan oleh pelaksana kerja (TPK) terdiri dari warg inimasyarakat Desa Gunungsari sendiri secara padat karya dengan target pekerjaan  selesai dalam dua minggu di bulan Agustus.

“Pelaksanaan pekerjaan  diawasi oleh dari para petugas pendamping dari Kantor Desa Gunungsari dan petugas dari Kecamatan Citeureup,” tambahnya.

Selain itu, pembangunan jalan cor pada bulan Agustus akan dilanjutkan di wilayah RT 2, RT 3, RT 7 dan RT 8. Panjangnya 332 m, lebar 4 m dan ketebalan 15 cm. Biayanya  sekitar Rp 231 juta, terang Uwes Wijaya.

Baca Juga:  Pemkot Bogor Larang Sahur On The Road

Pembangunan infrastruktur jalan dan drainase di Desa Gunungsari tersebut menyerap sekitar 60 persen dana anggaran Program  Samisade tahap 2 tahun 2021.

Diketahui tahun 2021 Pemkab Bogor fokus pada pembangunan desa dengan program Satu Milyar Satu Desa melalui mekanisme padat karya dan pembangunan infrastruktur, sehingga masyarakat Kabupaten Bogor dari perkotaan hingga ke pelosok ikut merasakan hasil pembangunan dan bangga menjadi warga Bumi Tegar Beriman.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Samisade adalah program luar biasa dan satu-satunya di seluruh Indonesia. Program ini sudah diperjuangkan sejak tahun 2019. Untuk mewujudkan misi membangun dari desa, dan terwujud di tahun 2021. (Rizal)