23/05/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mewakili Bupati Bogor Ade Yasin membuka acara Pembukaan Konferensi ke V PWI Kabupaten Bogor, di Ballroom Bigland Sentul Hotel & Convention, Babakan Madang, Selasa (30/11).

Kadis Kominfo Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan bahwa di tengah perkembangan media dengan multiplatform dan agresivitas konten media sosial yang luar biasa intens, profesi wartawan dan kewartawanan terancam terdegradasi apabila tidak mampu menjaga ruh dan prinsip dasar kewartawanan serta kreatif berinovasi mengikuti tuntutan jaman.

Katanya, PWI sebagai organisasi yang menghimpun profesi wartawan hendaknya terus berupaya menjadi wadah pengembang kapasitas dan sarana dialog untuk menjadikan insan pers Indonesia sebagai sumber informasi yang akurat, bijaksana, mengedukasi masyarakat dan tetap independen dalam melakukan kontrol sosial melalui kritik yang konstuktif.

“Setiap wartawan harus memiliki kompetensi yang dapat diandalkan dalam hal profesionalisme jurnalistik, penguasaan teknologi multimedia, juga dalam menyikapi kebebasan pers. Juga harus mampu menghindari penyalahgunaan profesi wartawan bagi kepentingan yang bertentangan dengan kode etik wartawan,” ungkap Irwan Purnawan.

Lanjut Iwan Purnawan menambahkan, sinergi antara Pemerintah Daerah dengan pers sangat penting karena pers sebagai media informasi dan sosialisasi rencana dan pencapaian hasil kerja pembangunan.

“Sinergi ini sangat positif untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan keterbukaan informasi public, agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang jelas, serta ikut memanfaatkan berbagai pencapaian pembangunan,” jelasnya.

Dirinya berharap, konferensi PWI Kabupaten Bogor yang kelima itu dapat menghasilkan ide, gagasan, dan program kerja yang berkualitas untuk kemajuan organisasi PWI dan mampu menjawab berbagai tantangan yang tengah dihadapi pers Indonesia.

Baca Juga:  Timsus Temukan Pendaftar PPDB Tidak Sesuai, Bima Arya : Namanya Langsung Dikeluarkan

“Mudah-mudahan konferensi ini dapat menghasilkan pengurus yang mempunyai kapasitas, kapabilitas, kualitas dan berintegrasi. Semoga PWI Kabupaten Bogor tetap jaya,” tandasnya.

Selanjutnya, Ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo menuturkan, konferensi ini dilakukan untuk mengerjakan program-program PWI yang ada di wilayah Kabupaten Bogor, terntunya dalam rangka mendorong pembangunan Kabupaten Bogor.

“Terima kasih kepada teman-teman semuanya, pengurus maupun anggota. Begitu luar biasa dukungannya dalam rangka mengerjakan program program PWI. Terima kasih juga kepada Pemkab Bogor atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Jabar, Himan Hidayat menyatakan, jaga kekompakan PWI dan menjunjung tinggi rasa persaudaraan organisasi, patut berbangga bisa tergabung dalam organisasi PWI ini, karena PWI organisasi wartawan terbesar seluruh Indonesia dengan struktur organiasasi yang merantai dan sistem aturannya yang teruji.

“Apalagi tahun depan PWI punya program dari Gubernur 1.000 peserta uji kompetensi wartawan. Tingkatkan kualitas dan kompetensi karena Jabar minimal butuh 20 penguji,” tukasnya. (TKP/Adenan M)