13/07/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net – Dalam rangka memeringati  Hari Jadi Bogor atau HJB ke-542 tahun 2024, DPRD Kabupaten Bogor menggelar Rapat Paripurna Istimewa,di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Senin 03 Juni 2024.

Kegiatan itu dihadiri Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu, Forkopimda, Ormas seperti Forum Pembauran Kebangsaan  (FPK) dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyebutkan tema HJB ke-542 kali ini adalah “Babarengan, Akur, Makmur” (Berbaur), yang bermakna pentingnya sinergi, kebersamaan, kerukunan serta keharmonisan antar pemangku kepentingan dan segenap elemen masyarakat yang beragam di kabupaten bogor ini

”Di momentum peringatan Hari Jadi Bogor ini, sinergitas, kebersamaan antara Forkompinda baik itu yang ada di Yudikatif dan Legislatif sangatlah penting untuk mewujudkan Kabupaten Bogor yang maju, makmur sejahtera, berkeadilan dan berkelanjutan,” ucap Rudy.

Lebih jauh dia menyebutkan, “kerukunan antar pemangku kepentingan dan segenap elemen warga masyarakat kabupaten bogor juga menjadi kunci sukses untuk tercapainya tujuan kabupaten bogor yang maju dan istimewa,” katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu di momentum peringatan Hari Jadi Bogor ke-542 itu juga menyampaikan sejumlah prestasi yang sudah diraih Kabupaten Bogor.

 

Menurutnya pelaksanaan pembangunan daerah baru-baru ini telah meraih sejumlah capaian dan kemajuan.

“Alhamdulillah, berkat ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tuhan yang maha kuasa, serta jalinan sinergi dan kolaborasi yang baik antara Forkopimda, aparatur, stakeholder dan elemen masyarakat, di masa transisi ini pelaksanaan pembangunan daerah baru-baru ini telah meraih sejumlah capaian dan kemajuan,” ujar Asmawa.

Diantaranya sambung Asmawa adalah hasil penilaian Ombudsman Republik Indonesia untuk pelayanan publik di Kabupaten Bogor 96,15 poin, berada di zona hijau dengan opini kualitas tertinggi.

Baca Juga:  LGP: Ganjar Maju Capres 2024

Selain itu, Kabupaten Bogor juga meraih juara pertama dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) awards 2024, kategori kabupaten dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Serta meraih penghargaan kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan hasil kategori “A” atau memuaskan, dan memperoleh kinerja terbaik di Provinsi Jawa Barat.

“Terkait capaian pembangunan, beberapa waktu lalu kita telah melakukan kick off ujicoba operasionalisasi Mall Pelayanan Publik (MPP) yang menjadi sejarah baru dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten Bogor dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang berkeadilan,” ujar Asmawa.

“Berbagai capaian tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkab Bogor untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta dalam rangka transformasi pemerintahan dan pelayanan publik yang sebelumnya konvensional menuju modern, manual menjadi digital, lambat menjadi cepat, susah menjadi mudah, dan yang tadinya mahal menjadi lebih efisien,” kata Asmawa.

 

Lebih jauh  Asmawa menyebutkan, sebagai komitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HJB ke-542 telah dilaksanakan diantaranya yakni: layanan kesehatan gratis, sunatan massal, kemudahan pembuatan perizinan, Adminduk One day service, pekan olahraga, pertunjukan seni budaya, kebersihan lingkungan, pasar murah dan lainnya.

Bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542 ini Pemerintah Kabupaten Bogor tebar penghargaan kepada masyarakat yang telah memberikan kontribusi dan dedikasinya terhadap kemajuan Kabupaten Bogor. Penghargaan diberikan langsung oleh Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Lapangan Tegar Beriman pada, Senin (3/6/2024).

Penghargaan diberikan kepada tokoh masyarakat, Kepala Desa, RT/RW, Koperasi, pelaku UMKM Kabupaten Bogor hingga para Aparatur Sipil Negara (ASN) Purna bakti yang berdedikasi terhadap mendorong kemajuan dan pembangunan Kabupaten Bogor. 

Baca Juga:  Prabowo, Ganjar dan Anies akan Sampaikan Gagasan di Hadapan Wali Kota se-Indonesia

Dengan kategori antar lain, peran aktif dalam penanganan warga yang terdampak bencana, kategori purna bakti. Kategori dedikasi peningkatan kualitas pendidikan literasi dan numerasi masyarakat Kabupaten Bogor sebagai pengajar baca tulis hitung di Cisadon. Lalu kategori kepatuhan koperasi serta kategori UMKM terbaik.

Adapun Pj. Gubernur Jabar, Bey Machmudin dalam kesempatan itu menyampaikan, akan senantiasa mendorong kemajuan dan pembangunan Kabupaten Bogor baik infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Dalam sambutannya, Bey mengucapkan selamat untuk hari jadi Kabupaten Bogor. Pada peringatan itu, ia berharap dapat memberi energi dan semangat baru dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

“Selamat Ulang Tahun Ke-542 Kabupaten Bogor, semoga semakin maju dan sejahtera masyarakatnya,” kata Bey. 

Pemda Provinsi Jabar pun, kata dia, terus berkomitmen dalam upaya kemajuan Kabupaten Bogor. Ia mengungkapkan berbagai program pembangunan akan terus dijalankan. 

“Seperti pembangunan infrakstruktur, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi kerakyatan,” tuturnya. 

Bey mengatakan pula komitmennya  Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jabar menjadi yang terbaik di Indonesia. 

Ia menegaskan, PPDB Jabar 2024 dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Bey memastikan, PPDB tahun ini tidak ada titip menitip kursi atau pun jual beli kursi untuk siswa. Ia berharap para orang tua siswa tidak memaksakan anaknya untuk bisa masuk sekolah negeri. 

“Kepada para orang tua, jangan memaksakan anaknya sekolah di negeri. Jika tidak diterima jangan memaksakan dengan cara-cara yang tidak baik,” ungkapnya. 

Ia menegaskan, jika ada kecurangan, sanksi pemecatan dapat dilakukan untuk oknum yang melakukannya. 

Bey juga meminta jika ditemukan kecurangan, masyarakat bisa segera melapor melalui aplikasi Sapawarga. 

“PPDB harus sesuai aturan. Kami sudah meminta penandatanganan pakta integritas dari level Kepala Dinas Pendidikan hingga operator. Sanksi tertinggi bisa sampai pemecatan,” kata Bey.

Baca Juga:  KPK Duga Keluarga Syahrul Yasin Limpo Diduga Terlibat Pengadaan Proyek di Kementan

Sementara itu pada peringatan HJB kali ini harapan baik terus diungkapkan berbagai elemen masyarakat bogor.

Adenan Manurung dari Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Bogor berharap HJB 542 ini menjadi tonggak bangkitnya kebersamaan semua elemen masyarakat untuk meraih kesejahteraan di Kabupaten Bogor. (Fik/Ade).