18/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6

Klikpos.net/Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor kembali mengadakan Bogor Innovation Awards 2023.

Secara simbolis Kick Off Bogor Innovation Awards 2023 secara resmi dibuka Wali Kota Bogor, Bima Arya di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kamis (30/3/2023) yang menandai dibukanya pendaftaran Kick Off Bogor Innovation.

Di awal pembukaan Bima Arya menyampaikan bahwa lisan menentukan sikap dan perbuatan yang menentukan karakter. Seorang pejuang dan petarung berawal dari pemikiran yang optimis, percaya diri, pemberani, kreatif, inovatif, jujur sehingga melahirkan pemimpin dan pemenang.

“Itu semua berawal dari pikiran. orang-orang jumud, picik, pesimis, ujungnya tidak akan jadi pemenang, menjadi orang biasa pun tidak luar biasa menjadi pecundang tidak pemenang,” katanya.

Sehingga, kata Bima Arya, individu yang terbiasa berdialog, menyesuaikan dengan perubahan terbiasa menerima masukan orang, maka akan tumbuh menjadi orang besar berkarakter dan terhormat.

Dari konteks itulah lanjut Bima Arya, Pemkot mengundang anak-anak, melibatkan pelajar, membuka kepada masyarakat agar bisa berfikir kreatif dan inovatif.

“Ini bukan semata-mata Pemkot ingin masuk mendapatkan penghargaan inovasi dari salah satu kementerian, bukan soal itu bukan, tapi kita ingin membangun kultur berfikir kreatif dan inovatif seluas-luasnya sedini mungkin, dibalik kota-kota hebat dan negara besar itu tadi dijalankan dengan adanya kultur,” jelasnya.

Bima Arya pun berpesan agar kick off ini harus sampai ke semua penjuru sekolah-sekolah, didengar oleh komunitas kreatif, memberikan inspirasi kepada semua elemen warga untuk ikut di sini.

“Semua harus sesuai dengan tantangan ke depan. Saya apresiasi, keren temanya disesuaikan ada Green Economy, ada energi terbarukan ada IT, penting banget. Bidang-bidang ini lah tantangan kita ke depan yang harus diinovasikan ke depan,” tegasnya.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Buruknya Bangunan Bersubsidi di Perum Puri Permata Cileungsi

Bogor Innovation Awards 2023 ini merupakan salah satu event dalam calender of event Kota Bogor.

Kepala Bappeda Kota Bogor, Rudy Mashudi mengatakan, tahapan dari Bogor Innovation Award kick off meeting untuk memulai tahapan pendaftaran di tanggal 30 Maret sampai 31 Mei 2023.

“Kedua, seleksi administrasi dari 1 Juni-16 Juni, kemudian ketiga adalah validasi lapangan yang dilakukan tanggal 19 Juni sampai 14 Juli, tahap presentasi dan penilaian 14 – 31 Juli pengumuman pada agustus 2023,” katanya.

Di tahun 2023 ini Bogor Innovation Award Kota Bogor mengusung tema pemantapan daya saing daerah melalui penguatan ekosistem inovasi.

“Kategori peserta yang dilombakan tahun 2023 terdiri dari SMP sederajat, kategori SMA dan SMK/sederajat untuk memulai secara dini ekosistem inovasi di setiap level pendidikan. Kemudian ada kategori perguruan tinggi lembaga dan pelaku usaha serta masyarakat dan kategori aparatur sipil negara,” katanya.

Untuk bidang lomba yang dilombakan terdiri dari 10 kategori, yaitu bidang lomba energi terbarukan, bidang lomba pangan dan agribisnis, bidang lomba teknologi informasi dan komunikasi, bidang lomba air minum kebersihan dan lingkungan hidup, bidang transportasi ramah lingkungan, bidang pendidikan, bidang kerajinan rumah tangga, bidang sosial ekonomi hijau, bidang kesehatan dan obat obatan.
Setiap pemenang disediakan sertifikat dan penghargaan serta hadiah jutaan rupiah untuk setiap juara dan kategori.

“Juara satu masing-masing kategori akan diberikan hadiah sebesar Rp10 Juta rupiah, juara 2 Rp 7,5 juta, juara 3 Rp 5 juta, harapan 1 Rp 4 juta, harapan 2 Rp 3 juta, harapan 3 Rp 2 juta. Setiap pemenang akan difasilitasi mendapatkan sertifikasi kekayaan intelektual. Diharapkan seluruh pemenang juga akan menjadi duta inovasi Kota Bogor,” katanya. (Adenan M)