18/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong-Bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539, tanggal 3 Juni 2021, Bupati Bogor Ade Yasin  meresmikan Gerai Pelayanan Publik (GPP) di Aeon Mall Sentul City, hari ini.

Selain bupati, kegiatan yang dilaksanakan dengan prokes tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Sekda Kab. Bogor Burhanudin, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Presiden Director PT AEON Mall Indonesia Mr. Daduke Isobe dan para kepala dinas.

Dalam sambutannya Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan pelayanan merupakan pengabdian dari hati. Pelayan yang prima kepada masyarakat pada gilirannya akan menampakkan wajah pemerintah.

Bupati Bogor Ade Yasin didampingi Wakil Bupati Iwan Setiawan saat meresmikan GPP di Aeon Mall Sentul, Kamis (3/6/2021) (dok.tf).

“Kita berusaha semaksimal mungkin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai visi misi kami untuk menjadikan Bogor daerah investasi yang produktif. Selain itu juga menjauhkan stigma masyarakat yang acap menilai birokrasi itu berbelit-belit. Saya sendiri terus berupaya untuk menghilangkan stigma tersebut,” tandas  bupati.

Lebih lanjut Ade Yasin mengatakan, dengan adanya GPP, pelayanan publik akan semakin mudah dan nyaman.

“Mudah, cepat, transparan dan terjangkau untuk mendapatkan pelayanan publik,” tandasnya.

Bupati Bogor Ade Yasin (dok.tf).

Hal tersebut seiring dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor tahun ini memperoleh nilai sangat baik dari Kemenpan RB.

“Kabupaten Bogor jumlah penduduknya mencapai 6 juta jiwa, artinya masyarakat akan terus datang mengurus berbagai keperluannya dan otomatis pengunjung serta peluang terjadinya transaksi di Aeon Mall akan semakin meningkat,” tandas Ade Yasin. 

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan (ketiga dari kanan) tengah berbincang dengan petugas Imigrasi di GPP (dok.tf).

Kepala DPMPTSP Kab. Bogor Dace Supriyadi menyebutkan GPP merupakan gerai yang memudahkan warga Kabupaten Bogor dan sekitarnya untuk dapat melakukan proses pelayanan publik dari 9 instansi, di antaranya :

  1. Pembuatan SKCK oleh Polres Bogor
  2. Perpanjangan Pasport oleh Imigrasi Kelas II Bogor
  3. Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah lain nya oleh Bappeda Kabupaten Bogor
  4. Pembayaran Air Minum oleh PDAM Kabupaten Bogor
  5. Transaksi Perbankan oleh Bank BJB
  6. Pengurusan KTP dan sejenis nya oleh Disdukcapil Kabupaten Bogor
  7. Pengurusan Pertanahan oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bogor
  8. Pengurusan Pelayanan Perizinan oleh DPMPTSP Kabupaten Bogor
  9. Gerai Dekranasda
Baca Juga:  KPAID Kota Bogor Resmi Dilantik, Bima Arya Titip Kolaborasi Kelembagaan

Presiden Director PT AEON Mall Indonesia Mr. Daduke Isobe dalam sambutannya mengungkapkan peresmian tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah ditandatangani Bupati Bogor Ade Yasin bersama Presiden Direktur PT. Aeon Mall sekitar Oktober 2020 lalu. 

Selama ini Aeon Mall sendiri telah dibuka untuk umum, namun karena masih dalam suasana pandemi maka tetap dilaksanakan prokes demi kenyamanan pengunjung.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam sambutannya sempat mengucapkan selamat HJB ke 539, “pertanyaannya setelah lebih dari 5 abad ini sejauh mana pemerintah telah menyejahterakan rakyat?” ujarnya.

Dia juga menegaskan KPK sangat berkepentingan dengan GPP mengingat, “titik rawan korupsi ada di perizinan,” tandasnya.

Ia mengakui kesejahteraan rakyat tak bisa dipisahkan dari peran pengusaha. “Dengan tersedianya GPP diharapkan masyarakat tidak ribet lagi dalam mengurus perizinan. Dan hasil pajaknya dapat masuk ke pendapatan daerah.

Sekda Kab. Bogor Burhanudin (batik) saat meninjau stand di GPP Kab. Bogor di Aeon Mall Sentul (dok.tf).

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin ketika diminta tanggapannya menyebutkan peresmian GPP di Aeon tersebut merupakan kado yang berharga pada Hari Jadi Bogor (HJB) ke 539 yang tepat jatuh pada hari itu, berupa bukti komitmen peningkatan pelayanan Pemkab Bogor kepada masyarakat.

Kepala DPMPTSP Kab. Bogor Dace Supriyadi (dok.tf).

Kegiatan peresmian GPP Kab. Bogor  juga diwarnai pemberian piagam penghargaan kepada para pengusaha beprestasi yang telah memberikan kontribusi kepada Pemkab Bogor.

Peresmian dilanjutkan dengan peninjauan gerai. Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Iwan Setiawan tampak mengajukan berbagai pertanyaan kepada para petugas. (Adenan/Taufik)