07/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Kisarazu – Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Kisarazu, Jepang sejak 27 November 2022.

Di Jepang, Bima Arya mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, bertemu dengan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi, yang kemudian dilanjutkan dengan kunker ke Balai Kota Kisarazu, Jepang, Senin (28/11) waktu setempat.

Kedatangan Wali Kota Bogor ke Balai Kota Kisarazu disambut hangat Watanabe Yoshikuni dan para pegawai pemerintahan.

Dalam pertemuan dengan Dubes RI untuk Jepang, kata Bima Arya, Pemkot Bogor melakukan pembicaraan dalam mengembangkan kerja sama dalam bidang mitigasi kebencanaan.

Nantinya, kata Bima Arya, akan ada bantuan dari kota-kota di Jepang untuk melakukan mitigasi bencana di Indonesia, termasuk Kota Bogor.

“Kota Bogor akan belajar dari kota-kota di Jepang untuk antisipasi dan penanganan bencana. Kerja sama yang dilakukan terkait kebencanaan itu meliputi mitigasi bencana, infrastruktur kebencanaan dan sebagainya yang juga dibahas bersama Dubes,” katanya.

Dalam pertemuan persahabatan Kota Bogor dan Kota Kisarazu, untuk melanjutkan kerja sama diberbagai bidang, Bima Arya didampingi perangkat daerah terkait dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi melakukan rapat di Balai Kota Kisarazu Jepang.

Selanjutnya setelah itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Wali Kota Kisarazu, Yoshikuni melakukan upacara penandatanganan kerja sama persahabatan antara Kota Bogor dan Kota Kisarazu yang ditulis dalam bahasa Inggris, Indonesia dan Jepang.

“Bersama sahabat saya Wali Kota Kisarazu, Yoshikuni Watanabe kami bersepakat banyak hal. Selain di bidang pendidikan, kerja sama kali ini juga diperluas pada bidang agrikultur, urban farming dan UMKM bersama Kadin Kota Bogor,” katanya.

Baca Juga:  Berbagi Ramadan, PWI Kota Bogor Gelar Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

Di bidang perdagangan urban farming, agrikultur, UMKM, Kadin Kota Bogor dan Kota Kisarazu Jepang juga menjalin kerja sama untuk melakukan ekspor ke Jepang produk dari UMKM Kota Bogor.

Selanjutnya kata Bima Arya, di Kota Bogor akan dibangun Kisarazu Center sebagai hubungan untuk kegiatan perdagangan, pariwisata, pendidikan dan lain-lain.

“Iya nanti Kadin akan membangun Kisarazu Center di Kota Bogor sebagai pusat kolaborasi,” ujarnya.

Persahabatan dan kerja sama antar kota di dua negara ini, kata Bima Arya juga sebagai kolaborasi pentahelix, Jepang Indonesia Relationship, Jepang Indonesia City Festival, Apeksi, serta perguruan tinggi.

“Kolaborasi Pentahelix Kota di Indonesia, Kota di Jepang, Apeksi, Perguruan Tinggi,” katanya.

Kunker dalam rangka mempererat kerja sama antara Kota Bogor dan Kota Kisarazu yang meliputi berbagai bidang ini dilakukan Bima Arya selama tiga hari, 27 – 29 November 2022. (Adenan Manurung)