07/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Wali Kota Bogor, Bima Arya  mengecat Jembatan Merah Bogor, Minggu (6/11/2022), foto: dok. (Prokompim).

Klikpos.net/Bogor – Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Dinas Perumahan dan Permukiman (Perumkim), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Camat Bogor Tengah dan warga di empat kelurahan, yakni Kelurahan Ciwaringin, Paledang, Cibogor dan Panaragan gotong royong memperbaiki warna jembatan merah dengan melakukan pengecatan, Minggu (6/11/2022) pagi.

Sebelum melakukan pengecatan, Bima Arya lebih dulu melakukan aktivitas olahraga bersama masyarakat sejak pukul 06.00 WIB dengan rute Balai Kota, Sistem Satu Arah (SSA), Alun-alun Kota Bogor hingga Jembatan Merah di Jalan Kapten Muslihat.

Didampingi Kasat Pol PP Agustian Syah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Herry Karnadi dan lurah Sempur, Dicky Pratama, Bima Arya lari santai sambil berinteraksi dengan warga.

Selanjutnya sekitar pukul 07.30 WIB, Bima Arya tiba di Jembatan Merah dan langsung berkumpul bersama warga untuk mengecat Jembatan Merah.

Dari sepengetahuannya Jembatan Merah ini kurang lebih sekitar 8 tahun belum pernah dicat ulang secara keseluruhan.

Untuk itu ia bersama warga melakukan pengerokan cat yang sudah kusam di Jembatan Merah untuk diganti dengan cat yang baru.

“Jembatan merah ini kurang lebih sudah sekitar delapan tahun tidak dicat, hari ini akan kita cat bersama-sama, dulu pernah warnanya merah, kuning, coklat, sekarang kita merahkan lagi,” katanya.

Dilihat dari sejarahnya, Jembatan Merah ini memiliki sejarah panjang yang juga menjadi saksi bisu perjuangan melawan penjajah.

Dari prasasti yang terpahat di jembatan ini dituliskan juga keterangan jembatan pernah mengalami pelebaran dan diresmikan pada 13 April 1982 oleh Menteri Kesehatan pada saat itu.

Baca Juga:  Percepatan Vaksinasi, Bima Arya Harap Imun Warga Kuat dan Kembali Beraktivitas

Uniknya, meski berada di Jalan Kapten Muslihat rupanya jembatan ini berada di empat wilayah yang saling bersebelahan, yakni wilayah Kelurahan Paledang, Kelurahan Ciwaringin, Kelurahan Panaragan dan Kelurahan Cibogor.

“Hari ini dilaksanakan pengecatan jembatan merah, karena memang kondisinya sudah sangat pudar warna catnya. Kita perbarukan lagi, jadi dimulai oleh pak wali kota beserta jajaran masyarakat dari empat kelurahan,” kata Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid.

Dilibatkannya masyarakat ini kata Wahid, untuk menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab untuk ikut menjaga dan merawat jembatan yang memiliki sejarah.

Sementara itu, Oking Saepudin (74) salah satu ketua RT di Paledang mengaku sangat senang bisa ikut dilibatkan dalam kegiatan ini.

Karena menurutnya, meski sudah usia lanjut dirinya masih memiliki semangat untuk bisa berkontribusi untuk Kota Bogor.

“Iya bagus sekali ada kegiatan ini, walaupun sudah sepuh tapi masih tetap semangat, karena kan ini juga tempat yang memiliki nilai sejarah,” katanya. (Adenan Manurung)