28/09/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama Kasdam III Siliwangi Brigjend TNI Widjanarko, lakukan kegiatan penutupan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-115 pembangunan jalan Desa Banyuasih Kecamatan Cigudeg dan Desa Rabak Kecamatan Rumpin, yang berlangsung di Lapangan SDN 1 Kp. Cijantur Desa Rabak Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, Rabu (9/11/22). 

Pembangunan jalan yang dilakukan melalui program TMMD ke-115 adalah pembangunan jalan dengan lebar 10 meter dan panjang 1.500 meter yang menghubungkan dua desa dan dua kecamatan yakni, Desa Banyuasih Kecamatan Cigudeg dan Desa Rabak Kecamatan Rumpin Kabupatan Bogor. 

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyatakan, terima kasih kepada TNI yang telah menjadikan Kabupaten Bogor sebagai salah satu lokus dijadikan TMMD ke-115 dan mudah-mudahan Kabupaten Bogor jadi prioritas karena banyak wilayah yang terputus oleh infrastruktur. 

“Hari ini saya bersama Kasdam, Dandim 0621 dan seluruh jajaran hadir untuk meresmikan TMMD ke-115. Program TMMD ini merupakan pembangunan jalan yang menyambungkan jalur dua kecamatan yakni Kecamatan Rumpin dan Kecamatan Cigudeg, dan dua desa yakni Desa Banyuasih dan Desa Rabak yang sebelumnya terputus dan terisolir,” tutur Plt. Bupati Bogor. 

Lanjut Plt. Bupati Bogor menambahkan, jalur penghubung tersebut bisa menjadi sentra ekonomi baru bagi masyarakat. Dirinya berupaya mudah-mudahan jalur TMMD ini bisa dinaikkan statusnya jadi jalan kabupaten, sehingga peningkatan dan pemeliharaannya dilalukan oleh dinas. 

“Kami minta kepada para Kades dan Camat untuk memelihara ini, kami ada dana Samisade tiap tahun, kita luncurkan ini, bisa djadikan untuk pemeliharaan dan peningkatan jalan dengan dana Samisade,” tukasnya. 

Di tempat yang sama, Kasdam III Siliwangi, Brigjend TNI Widjanarko menerangkan, ini merupakan kegiatan penutupan TMMD yang ke-115, kebijakan TMMD bukan hanya di Kabupaten Bogor saja, melainkan juga dilaksanakan di tiga daerah lain yakni, Serang, Tasikmalaya dan Subang yang secara serentak hari ini ditutup. 

Baca Juga:  Revitalisasi Pasar Rakyat, Bima Arya Dengar Masukan Pedagang

“Adanya TMMD ini menjadikan Manunggal TNI dan rakyat. Dengan terbukanya jalan penghubung antara Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Rumpin diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga masyarakat. Kami himbau apa yang sudah dibangun oleh kita dengan Pemda melaui TMMD diperlihara, dijaga dan ditingkatkan,” imbuhnya. 

Turut hadir dalam giat penutupan TMMD ke-115 yakni Brigjen TNI Rudi Saladin, Danrem 061/SK, Kolonel Inf Ari Prasetya Asintel Kasdam III/ Siliwangi, Kolonel Wawan PA LO TNI AL, Jajaran Kasi Korem 061, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara Dandim 0621/Kab. Bogor, Letkol Arm Hariyanto Dandim 068/Cianjur, Letkol Ckm Raden Indra Dandenkesyah  Bogor, Dan/Kasatbalak Korem 061/SK Letkol Cpm Anggun, Dandenpom Bogor, Danyon 14 Kopasus, Kpt Arm Heri Danrai Yon Arm 10 Kostrad, Forkopimda Kabupaten Bogor, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Bogor. (Taufik BS/Adnan M)