07/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong -Untuk mendorong tumbuhnya karya inovatif, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang), lakukan penganugerahan pemenang Gelar Inovasi Daerah Tahun 2022 bagi inovator tingkat PD, RSUD, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, Puskesmas, Perguruan tinggi, mahasiswa, pelajar hingga masyarakat. Penghargaan diberikan langsung kepada para pemenang oleh Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, yang berlangsung di Gedung Serbaguna I, Setda, Kamis (3/11/22).

Untuk diketahui, penyelenggaraan Gelar Inovasi Daerah (GID) tahun 2022 yang ketujuh mengusung tema “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban Melalui Optimalisasi Karya Inovatif dan Aplikatif”, sebagai bentuk kegiatan kompetisi inovasi tingkat Kabupaten Bogor yang mendorong tumbuhnya karya inovatif berupa produk barang/jasa guna meningkatkan kualitas/nilai tambah produk dan diversifikasi usaha. 

Sementara untuk tahapan kegiatan GID ini telah dimulai sejak Maret 2022 yang terdiri dari sosialisasi, pendaftaran/penerimaan dokumen usulan inovasi, seleksi administrasi, presentasi, fact finding hingga penganugerahan pemenang GID. 

Adapun jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 221 peserta yang terbagi menjadi 9 (sembilan) kategori antara lain Kategori Perangkat Daerah, Kategori Kecamatan, Kategori Desa/Kelurahan, Kategori Puskesmas, Kategori Perguruan Tinggi, Kategori Mahasiswa, Kategori Masyarakat, Kategori SMA, dan Kategori SMP.  

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan bahwa kegiatan GID merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun di Kabupaten Bogor mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten, mudah-mudahan bisa dilanjutkan ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan Kabupaten Bogor dengan 45 inovator ini bisa terus bersaing dan memperlihatkan inovasi ke tingkat Jabar dan Nasional, karena kita pernah jadi yang terbaik dari 45 besar Kabupaten/Kota se-Indonesia tahun 2020, itu menjadi kebanggan buat Kabupaten Bogor,” beber Plt. Bupati Bogor.

Baca Juga:  Fashion Show Mulyaharja 2022, Dedie : Semoga Bisa Mendunia

Iwan Setiawan menegaskan, kepada para pemenang lomba GID, inovasi bisa menjadi protype yang bisa dilaksanakan secara masif bahkan menjadi role model yang bisa dilaksanakan di seluruh PD baik Kecamatan dan tingkat Perangkat Daerah (PD). 

“Kami intinya sangat mendukung, penghargaan ini bukan hanya seremonial saja tapi saya minta ke depan bila memungkinkan dijadikan satu kebijakan setiap ASN untuk membuat inovasi yang baik dan dilaksanakan di semua SKPD,” bebernya.

Menurutnya, terlebih di zaman 4.0 menuju 5.0 berikan yang terbaik buat Pemkab Bogor, kedepan juara GID tingkat Kabupaten Bogor akan diikutsertakan di tingkat Provinsi dan Nasional. “Terus berinovasi hasilkan karya yang bermanfaat bagi pemda, lingkungan dan masyarakat,” imbuhnya.

Kemudian Kepala Bappedalitbang sekaligus Ketua Pelaksana GID Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menerangkan, GID dilakukan dalam rangka mengidentifikasi hasil-hasil inovasi daerah yang selanjutnya menjadi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Bogor tahun 2018 – 2023. Juga sebagai upaya agar PD serta para pemangku kepentingan memahami arah kualitas serta kebijakan daerah dalam pengembangan inovasi dan daya saing Kabupaten Bogor lima tahun kedepan.

“Alhamdulilah GID ini sudah yang ke tujuh yang kita mulai sejak tahun 2016-2022. Sudah banyak inovator yang kita lahirkan, bermanfaat sekali buat masyarakat terutama muncul inovator baik di PD, masyarakat maupun tingkat Desa dan Kecamatan,” tutur Suryanto.

Tambah Suryanto, GID merupakan sebuah wadah untuk mengenalkan dan menyebarkan inovasi yang berkembang di Kabupaten Bogor. Melalui GID diharapkan dapat menjembatani kebutuhan pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah seperti alternatif kegiatan pembangunan yang lebih efektif dan inovatif sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing wilayah.

“Sehingga dapat melahirkan pelayanan optimal kepada masyarakat, dan muncul inovasi yang tentunya akan membantu Pemda. Selamat kepada para pemenang, yang telah menumbuhkan budaya inovasi yang kokoh, berkelanjutan dan berkualitas,” tandasnya. 

Baca Juga:  Lomba Bogorku Bersih 2022 Diumumkan, Dedie : 6-10 Persen Sampah Berkurang

Turut hadir pada penganugerahan pemenang GID, Ketua Komisi I DPRD, Dandim 0621, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, Kepala Bappedalitbang-Balitbangda Se-Jawa Barat yang hadir secara virtual, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, perwakilan Polres Bogor, perwakilan Lanud Atang Sanjaya, serta perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor. (Taufik/Adenan)