18/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong-Pemerintah Desa (Pemdes) Tangkil, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berhasil memanfaatkan dana Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) untuk mengenjot pembangunan infrastruktur jalan maupun drainase di wilayahnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa (Kades) Tangkil, Fikriana, kepada Klikpos.net, di kantornya, Rabu (14/7/2021).

Kades Tangkil Fikriana (doc. Rz).

“Bulan Juni lalu pada tahap satu, kami berhasil membangun infrastruktur jalan desa sepanjang 500 meter dengan memanfaatkan dana Samisade secara padat karya selama satu bulan. Selain itu juga berhasil dibangun drainase untuk antisipasi banjir,” ujar Fikriana.

Dikatakan jalan desa yang melintasi dua RW  tersebut harus diperbaiki karena merupakan jalan ekonomi bagi warga Tangkil  dan sebelumnya dalam kondisi rusak sehingga menghambat aktifitas warga. 

“Untuk pembangunan infrastruktur tahap dua Pemerintah Desa Tangkil sedang mengajukan kepada Pemkab Bogor,” tandasnya.

Ditambahkan, selain memperbaiki jalan dan drainase, Pemdes Tangkil juga berhasil membangun Posyandu di RW.01 dan RW.02, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Balita di wilayah itu.

Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Satu Milyar Satu Desa (Samisade) merupakan program andalan Bupati Bogor, Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan untuk memajukan desa-desa di Kabupaten Bogor.

Ade Yasin sudah menyalurkan Samisade senilai 318,5 milyar untuk 356 desa. Program bantuan keuangan ini dipakai untuk menstimulus pembangunan infrastruktur desa.

Diharapkan Samisade tak hanya mengentaskan desa tertinggal, tapi juga mendorong desa dari status berkembang menjadi maju. Di Kabupaten Bogor dari 416 desa, masih ada desa tertinggal. 

Selain itu, Program Samisade dapat mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa. Program Samisade dengan pola padat karya diharapkan dapat membawa dampak penyerapan tenaga kerja dan menggerakkan sektor riil di akar rumput dan menciptakan multiflier effect yang mendorong pemulihan ekonomi.

Baca Juga:  Tingkatkan Kerjasama Komisi III DPRD Kota Bogor Lakukan Kunker Ke Diskominfo Kabupaten Bogor

Sementara itu selain dana Samisade, Pemdes Tangkil juga memanfaatkan Anggaran Dana Desa ( ADD) dari Pemerintah Pusat untuk membantu warga dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19, utamanya berupa bantuan sosial. (Rizal)