24/04/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Sebanyak 2.000 pelari di Indonesia akan mengikuti Jawa Barat Run 10 Kilometer (KM) atau Jabar Run 10 K yang akan digelar di Kota Bogor pada 19 Maret 2023 mulai pukul 05.30 WIB.

Event lari dengan tema ‘Dari Jabar Untuk Indonesia Berlari’ ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, Jabar Run 10 K ini merupakan lari marathon pertama di Kota Bogor pasca pandemi Covid-19.

“Sejauh ini sudah dipastikan ada 2.000 pelari yang akan bergabung. Pak Gubernur Jawa Barat akan hadir untuk membuka, kita juga bermitra dengan IdeaRun Race Management,” katanya saat konferensi pers Jabar 10 K di Teras Balai Kota Bogor, Rabu (8/3/2023).

Rute yang akan dilintasi para pelari dimulai dari titik Start di dalam Kebun Raya Bogor melintasi Jalur Sistem Satu Arah (SSA), Jalan Jenderal Sudirman hingga titik finish kembali di dalam Kebun Raya Bogor.

Dengan rute tersebut para pelari akan menikmati udara sejuk dan segar di kota hujan yang merupakan julukan untuk Kota Bogor.

“Nanti sepanjang rute 10 meter juga akan dimeriahkan oleh berbagai macam cheering, ada dari komunitas, tari tarian, kesenian tradisional dan para pelajar,” ujarnya.

Untuk menambah semangat kemeriahan, cheering para pelajar ini akan dilombakan.
Setiap pelajar boleh membentuk satu grup cheering dengan jumlah minimal 20 orang.

Nantinya saat pelaksanaan akan dilakukan penilaian oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor yang akan memilih beberapa grup pemenang sesuai kategori yang akan diumumkan lebih lanjut oleh Pemkot Bogor.

Selain Cheering yang disiapkan oleh panitia, Bima Arya juga mengundang warga untuk menyambut pelari di lintasan di titik terdekat pemukiman atau domisili warga.

Baca Juga:  Bima Arya Jelaskan Pentingnya Pola Pengasuhan Anak di Masa Pandemi

“Jadi nanti bisa menyambut dipinggir rute. Ramai-ramai kita ingin menyambut pelari, karena 2.000 orang ini akan memenuhi hotel-hotel di Kota Bogor, akan wisata kuliner di Kota Bogor, akan memberikan kontribusi untuk PAD Kota Bogor. Jadi kita sambut mereka dengan baik,” ujarnya.

Jabar Run 10 K 2023 di Kota Bogor ini bertujuan untuk mengembangkan cabang olahraga prestasi atletik dan juga sebagai langkah awal Kota Bogor yang ditetapkan sebagai tuan rumah Porprov 2026.

Senada dengan Bima Arya, Ketua Panitia Jabar Run 10 K, Hendri Winoto dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Jawa Barat saat mengatakan, kegiatan ini juga sebagai pemulihan sektor ekonomi Jawa Barat, khususnya di Kota Bogor dan mengukuhkan kembali Bogor sebagai city of runner di kalangan para pelari di Indonesia.

“Para pelari sudah mulai berdatangan pada tanggal 17 atau 18 Maret, karena race pack nomer data pelari dan jersey itu akan diambil di Balai Kota pada 18 Maret pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para atlet dan pelari, penyelenggara menyiapkan hadiah uang tunai Rp 313.500.000 untuk tiga kelas yakni kelas nasional, master dan pelajar dengan masing-masing kelas ada delapan pemenang.

Persiapan Jabar Run 10 K ini sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.
Koordinator Jalur Jabar Run 10 K, Afif Isnanto dari Idea mengatakan, pihaknya bersama Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bogor bersama dinas terkait dan Polresta Bogor Kota serta Kodim 0606 Kota Bogor sudah melakukan rapat teknis yang dilanjutkan dengan pengecekan jalur.

Rute yang akan dilintasi oleh para pelari dengan jarak 10 kilometer ini akan dimulai dari dalam Kebun Raya Bogor, melintasi Jalan Pajajaran menuju Jalan Otto Iskandardinata, menuju Jalan Ir H. Djuanda, kemudian melintasi Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pemuda, Jalan Dadali hingga masuk ke Jalan Merak SMPN 12, belok kanan ke Jalan Ahmad Yani, kembali lagi ke Jalan Jenderal Sudirman, melewati Jalan Jalak Harupat, Lapangan Sempur kemudian menuju kembali ke Pintu 3 Kebun Raya Bogor di titik finish.

Baca Juga:  Helaran Seni Budaya HJB di Kota Bogor Meriah, Warga Tumpah Ruah

“Kami juga menyiapkan water station di setiap 2,5 kilo yaitu di posisi kilometer 2,5 kilometer, kilometer 5, kilometer 7,5 hingga di titik central kilometer 9,” katanya.

Untuk keamanan dan kenyamanan pelari disiapkan juga petugas medis di setiap titik water station dan tiga unit ambulans di tiga titik.

Selama pelaksanaan Jabar Run 10 K ini para pelari dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga ketika ada sesuatu yang perlu penanganan medis lebih lanjut tim akan fast respon melakukan evakuasi dan membawa ke rumah sakit yang sudah menjadi rujukan BPJS.

Untuk rundown kegiatan pada tanggal 19 Maret 2023 pelaksanaan Jabar Run 10 m K sudah dipersiapkan sejak pukul 03.00 WIB dini hari.

Backstage untuk penitipan barang akan dibuka pukul 04.00 WIB yang kemudian dilanjut dengan berbagai acara hingga pelaksanaan start.

“Nanti akan ada pemanasan di jam 4.30 WIB, kemudian ceremony, welcome dance, tarian daerah dan sambutan dari beberapa yang terkait untuk membuka atau melepas dari titik startnya. Pukul 5.30 WIB kami pastikan untuk start dengan cut of time, pukul 7.30 WIB batas waktu maksimal pelari. Kalau ada lebih dari pukul 7.30 WIB masih di jalur akan ada mobil evakuasi untuk mengangkut pelari yang masih tercecer di jalur. Closing penyerahan medali dan hadiah pukul 09.15 WIB,” katanya. (Adenan Manurung)