28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
33

Klikpos.net/ Cileungsi-Menteri ATR BPN Sofyan Djalil bersama Bupati Bogor, Ade Yasin, meresmikan kantor perwakilan BPN wilayah Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, hari ini, Rabu (17/2/2021). Perwakilan BPN ini berlokasi di eks Kantor Kecamatan Cileungsi.

Dalam kesempatan itu Sofyan Jalil menyebutkan melihat jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang telah mencapai sekitar 6 juta jiwa maka pihaknya mendukung ada kantor perwakilan pertanahan di Bogor.

“Dengan jumlah penduduk layaknya tiga provinsi di luar Jawa, saya mendukung apabila Kantor ATR / BPN  Kabupaten Bogor membuka kantor perwakilan pertanahan,” ujar Sofyan.

Dikatakan layanan  administrasi pelayanan terus ditingkatkan, seperti program  pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), digitalisasi sertifikat hak milik (SHM) tanah dan lainnya.

“Kami terus memperbaiki pelayanan administrasi pertanahan. Kami akui di Kabupaten Bogor masih ada kasus sengketa  atau konflik kepemilikan tanah, dengan PTSL. Namun dengan digiltalisasi sertipikat tanah dan lainnya akan meminimalisir konflik kepemilikan tanah,” tambahnya.

Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan Kantor Perwakilan Pertanahan Cileungsi itu akan melayani urusan petanahan di tujuh kecamatan yaitu Cileungsi, Jonggol, Tanjungsari, Sukamakmur, Gunung Putri, Klapanunggal dan Cariu.

“Melihat luas wilayah dan jumlah penduduknya, Kabupaten Bogor butuh dua Kantor Perwakilan Pertanahan yaitu satu di Kecamatan Cileungsi dan satu lagi di Kecamatan Cigudeg, Alhamdulillah hari ini Menteri Agraria Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional berkenan meresmikan Kantor Perwakilan Pertanahan Cileungsi,” tutur Ade kepada wartawan.

Setelah meresmikan Kantor Perwakilan Pertanahan di wilayah timur Kabupaten Bogor, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku akan meresmikan lagi Kantor Pertanahan di wilayah Kabupaten Bogor yang bertempat di Kecamatan Cigudeg.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin kepada wartawan mengatakan kantor perwakilan BPN Cileungsi dibuka untuk mendorong percepatan sertifikasi bidang tanah di Kabupaten Bogor.

Baca Juga:  Raih Penghargaan TP2DD Terbaik 2023, Pemprov DKI Optimalkan Pelayanan Masyarakat Berbasis Digital

“Kita sudah mengajukan dua lokasi kantor BPN untuk wilayah Bogor Barat dan Bogor Timur. Tetapi Bogor Timur yang sudah siap, dan tingkat pelayanannya tinggi. Itu lah diperioritaskan lebih dulu,” ujar Burhanudin di Cibinong, Selasa (16/2/2021).

Peresmian didasarkan surat Menteri ATR BPN No 15 tahun 2020 tentang pembentukan kantor BPN perwakilan wilayah Cileungsi dan Serang Banten.

“Di Indonesia hanya Jabar yakni Kecamatan Cileungsi dan Prov Banten yang terpilih,” jelas Burhanudin. (Ade/Nino)